Connect with us

Pentingnya Menimbang Jurnalisme Damai (Peace Media)

Uncategorized

Pentingnya Menimbang Jurnalisme Damai (Peace Media)

Semakin pesatnya perkembangan zaman, tidak hanya memunculkan efek positif, namun banyak pula efek negatif yang dimunculkan. Lewat kemudahan yang didapatkan, masyarakat kini bebas melakukan kerja jurnalistik. Mereka dapat mengabarkan dan memberikan berbagai informasi dengan cepat, melalui media sosial dan berbagai media di internet. Buruknya, mereka tidak memiliki bekal ilmu jurnalistik.

Sebagai pembedanya, media online mainstream dengan model media jurnalistik dituntut dapat memenuhi harapan publik terhadap konten yang disajikan. Karena jurnalisme harus dapat memenuhi fungsi dan tanggungjawabnya terhadap masyarakat. Oleh karenanya jalannya media tersebut harus memegang teguh pedoman aturan dan ketentuan etika. Etika yang dimaksudkan adalah aplikasi dan evluasi dari prinsip dan norma-norma yang memandu jalannya praktik jurnalistik.

Etika jurnalistik tersebut berkaitan langsung dengan kepercayaan dan ekspektasi masyarakat, masyarakat pada dasarnya percaya bahwa juralisme itu sebagai institusi pencari kebenaran; dilakukan secara profesional; tidak disertai kepentingan apapun; dan menghasilkan berita/tulisan yang berfaedah untuk berbagi. Kepercayaan tersebut diberiakan karena profesi ini dipandang sebagai institusi sosial yang dibutuhkan dalam kehidupan kemasyarakatan yang dinamis, terbuka, dan demokratis…. Baca Selengkapnya

Oleh: RIF

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top