Connect with us

Kabar Baik Untuk Kita Semua : Kini Telah Lahir Panduan Anti Bosen Di Rumah

Nasional

Kabar Baik Untuk Kita Semua : Kini Telah Lahir Panduan Anti Bosen Di Rumah

Sudah hampir sebulan karantina di rumah? Yap!!! Adanya pandemi saat ini menutut kita untuk melakukan semua pekerjaan, kuliah, sekolah sampai kursus pun dilakukan secara online, selain bertujuan untuk meminimalisir kontak langsung dengan orang- orang, hal ini juga merupakan himbauan dari pemerintah. Diminggu pertama masih terasa happy karna akhirnya bisa “libur” tapi setelah dijalani sampai hampir satu bulan,  rasa bosan mulai terasa . Tenang…..banyak hal yang menarik yang bisa dilakukan. Seperti contoh artikel ini, saya akan membahas beberapa tips anti bosan di rumah.

1. Menyusun Rencana

Menyusun rencana di malam sebelumnya dapat membuat kita tidak kebingungan untuk menjalani kegiatan dikeesokan harinya. Rancangan yang dibuat juga tidak perlu ribet-ribet bahkan bisa dibuat seperti kita beraktivitas biasanya seperti mengaktifkan alarm pagi, berdandan untuk yang perempuan, mendekorasi ruang kerja khusus seperti dikantor, berpakaian seperti layaknya ke kantor, hal-hal kecil seperti ini terdengar sepele tapi di saya pribadi itu cukup mempengaruhi mood seharian lohh.

2. Berjemur

Matahari yang ada di bumi ini diberikan secara gratis bukan berarti tidak ada manfaatnya, berjemur pada jam 10 dibawah sinar matahari langsung berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang karena kandungan vitamin D. Disaat-saat seperti ini banyak yang berasumsi bahwa berjemur dapat mematikan virus corona, namun berdasarkan keterangan dari Wakil Kepala Bidang Penelitian Fundamental Lembaga Biologi Molekular Eijkman pada , Herawati Sudoyo menjelaskan bahwa belum ada penilitian mengenai virus corona dapat mati karena suhu, tapi Herawati menambhakan bahwa virus bisa mati jika dipanaskan pada suhu 56 derajat, namun itu dimungkin bisa dilakukan di Indonesia mengingat suhu di Indonesia tidak sampai 56 derajat.

3. Olahraga

Berada dirumah hampir 24 jam sehari membuat kita terkadang enggan untuk beranjak dari kasur, belum lagi orang rumah seperti ibu yang menjadi lebih sering memasak dan menyajikan banyak makanan dari makan berat sampai jajanan yang bisa mebuat kita naik berat badan, dan ketika masalah corona ini berakhir  kita tidak akan tersadar kalau baju-baju juga celana-celana kesayangan jadi tidak muat lagi, gak mau kan hal itu terjadi pada kita? Maka dari itu olahraga adalah solusi terbaik untuk mencegahnya, cukup 20-30 menit sehari dan dapat diakses lewat internet.

4.Mengikuti Kursus Online

Kesibukan yang biasa kita lakukan sebelum adanya karantina di rumah masing-masing, membuat kita terkadang menjadi terbatas dengan rasa keingintahuan akan hal baru, hobi, atau mengikuti kursus.Untuk mengikuti kursus, orang yang mengikutinya  harus meluangkan waktu khusus dan rata-rata harus datang langsung ke tempatnya yang untuk sebagian orang tidak bisa melakukan hal itu, dengan adanya pandemi ini bisa menjadi hal yang sangat positif untuk para kaum sibuk karena selain lebih banyak waktu banyak juga tempat kursus sekarang banyak menawarkan kelas online.

5. Nonton Film Kesukaan

Teruntuk para kaum rebahan yang sangat sulit untuk bangun dari tempat tidur kalian, nonton film kesukaan bisa menjadi pilihan terbaik, apalagi untuk kaum sibuk yang ingin rehat sejenak dari kejenuhan dalam mengerjakan pekerjaan maupun tugas-tugas yang tak kunjung berakhir. Kini menonton film tidak hanya bisa dilakukan di bioskop. Di jaman canggih ini, sudah banyak website atau aplikasi berbayar yang bisa dipilih sesuai kesukaan kita, dan jangan lupa siapkan popcorn agar nontonmu lebih asikk!!

6. Family time

Kesadaran orang akan intesitas dalam berkomunikasi sering dianggap sepele. Padahal banyak konflik terjadi dalam sebuah keluarga karena adanya miss komunikasi dari hal-hal kecil sampai yang besar. Waktu luang untuk berkumpul bersama keluarga terkadang sangatlah sulit, seperti seorang ayah yang jarang bertegur sapa dengan anak-anaknya karena sering pulang kerja larut malam atau seorang anak yang jarang berkomunikasi dengan orangtuanya karena sibuk mengikuti banyak kegiatan ekstrakurikuler dan bermain di luar rumah. Nah, saat karantina ini adalah waktu yang sangat tepat untuk saling bercerita satu sama lain,bermain bersama dan melakukan banyak kegiatan bersama #dirumahaja. Selain hubungan keluarga semakin erat,hal ini juga dapat menghilangkan rasa bosan dirumah pastinya.

 Sekian dulu ya teman-teman tips kali ini, sampai ketemu di kesempatan selanjutnya……

To Top