Connect with us

ALL ABOUT #MAYDAY2020

Budaya

ALL ABOUT #MAYDAY2020

Terimakasih Kisahmu dan Sampai Jumpa Lagi

Raundoh Tul Jannah

Hai, Sahabat Damai Indonesia terkhusus di Jawa Tengah. Bagaimana kabar kalian di #MayDay yang harus #dirumahaja #nakomahwae. Jangan lupa tetap bersahabat dengan diri sendiri dan lingkungan sekitar ya. Meskipun pembatasan aktifitas sosial masih berlangsung, tetapi kita harus tetap enjoy dan selalu optimis dalam tindakan maupun doa semoga pandemi ini akan segera berakhir. Sebelum Mei berakhir mimin akan memberikan ulasan hal-hal yang terjadi selama bulai #Mei2020. Lupa? Penasarankan, nih mimin bantu ingetin, baca saja sampai tanda baca akhir ya Sahabat Damai……

#Mayday selalu diisi dan dibuka dengan perigatan hari besar nasional hingga Internasional. Seperti peringatan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei, Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, Hari Buku Nasional 17 Mei, Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei, hari besar keagamaan seperti Hari Kebangkitan Isa Almasih hingga Hari raya Idul Fitri 1441H.

Nah, pada peringatan hari buruh kemarin, digunakan sebagai momen mengungkapkan keresahan para buruh yang ter-PHK akibat COVID-19 dan menuntut adanya pengkajian ulang isi dari Rancangan Undang-Undang Omnibuslaw yang dinilai banyak merugikan kaum buruh atau karyawan. Selain itu, momen awal bulan ini juga tidak luput dari peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei 2020.

Peringatan ini sebagai refleksi sistem pendidikan nasional yang selama ini belum melek teknologi, menjadi lebih ramah teknologi dan keterampilan tersebut dinilai mampu meningkat pada peserta didik, tenaga pendidik hingga pengajar selama belajar serta bekerja dari rumah saja. Kondisi ini, sekaligus sebagai ajang berbagi peran antara orangtua dan guru agar pelajar tetap mendapatkan pendidikan yang berkualitas selama masa belajar #dirumah dulu.
Pada tanggal 2 Mei juga diperingati sebagai Hari Jadi Kota Semarang ke- 473 yang dinobatkan sebagai kota terbaik di Indonesia pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) 2020. Sedangkan di tingkat provinisi, Jawa Tengah pun menduduki terbaik menyusul Bengkulu dan Jawa Timur (sumber: beritasatu.com). Wah, Sahabat Damai warga Kota Semarang dan Jawa Tengah pastinya bangga sekali ya menjadi bagian dari pembangunan ini.

Tetapi, kurang afdhol juga rasanya kalau kita belum bahas kabar tokoh ya. #KabarTokoh di Mei 2020 ini hadir dengan kabar duka yang datang dari seniman campursari sekaligus pencipta lagu legendaris Dionisius Prasetyo atau yang dikenal dengan Didi Kempot. Di #MayDay2020, seluruh #SobatAmbyar di tanah air dan luar negeri merasakan kehilangan yang mendalam atas kepergian The God Father of Broken Heart pada Selasa Legi, 5 Mei 2020 di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo07.45 silam. Semoga karya-karyanya selalu populer dan menginspirasi anak bangsa agar tidak lelah berkarya.

Ilustrasi Ucapan Selamat Pelantikan Boy Rafli Amar sebagai kepala BNPT yang baru (Instagram dutadamaijateng)

Selain itu ada kabar bergantinya kepemimpinan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dari Komjen. Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H. periode 2016-2020 kepada Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H. setelah turunnya surat mutasi dari kesatuan kepolisian Republik Indonesia terkait pergantian jabatan dan tugas. Pasti Sahabat damai sudah banyak yang mengetahui bahwa BNPT merupakan orangtua kandung dari Duta Damai 13 provinsi di Indonesia.

Sosok yang viral di tengah pandemi juga ada lho Sahabat Damai. Seorang artis tanah air yang berprofesi sebagai pengusaha membuat unggahan di akun media sosialnya yang menawarkan harga untuk melepas keperwanan senilai 2 Miliyar. Sontak saja ini mengundang cibiran dari banyak pihak. Namun setelah Sarah Kielh mengklarifikasi melalui cerita instragamnya. Ia mengatakan bahwa apa yang dilakukan untuk menyindir masyarakat yang tidak peka dengan kondisi pendemi dan masih saja nongrong. Sarah juga memohon maaf dan unggahannya hanya sarkasme/guyonan yang sudah keterlaluan.

Hal ini juga menjadikan sebuah pelajaran untuk kita semua agar lebih berhati-hati dengan jempol kita untuk mengetikkan huruf yang akan diunggah di akun media sosial kita. Kalimat yang dikeluarkan adalah cerminan pribadi dan jangan sampai iseng-iseng dapat menghantarkan seseorang terjerembak dalam bui. Intinya, kurangi hujatan dan hate speech ya Sahabat Damai.

Beralih dari #KabarTokoh, momen berharga di bulan ini semakin komplit dengan adanya bulan suci oenuh rahmat dan ampunan. Bulan Suci Ramadhan kali ini memang sangat berbeda dari biasanya, penghujung bulan yang menjadi momen hari raya masih diselimuti dengan suasana kehati-hatian terhadap penyebaran COVID-19. Kegiatan berjamaah yang biasanya dilakukan seperti Salat Tarawih, tadarus AL-Qur’an, Nun Zulul Qu’an, Grebek Puasa, Pesantren Kilat, Dugderan, Kothekan, Selametan di masjid, hingga Salat Ied berjamaah harus dilakukan di rumah saja. Silaturahmi yang biasanya kurang afdhol kalau tidak bertemu sekarang harus dilakukan melalui jarak jauh. Tetapi tidak mengapa, untuk saling menjaga dan melindungi orang-orang tercinta dari bahaya Covid-19.

Ilustrasi fenomena bulan purnama Milk Moon (istimewa)

Tidak kalah menariknya pula dengan hal-hal yang sudah mimin ceritakan di atas. Langit Mei 2020 begitu indah dan penuh kejutan dengan fenomena langit seperti asteroit, bulan purnama Milk Moon berwarna pink pada 7 Mei 2020 silam. Disusul konjungsi beberapa planet diantaranya Merkurius dan Venus yang membentuk formasi rasi bintang yang posisinya segaris. Hingga fenomena hujan meteor Eta-Akuarid meteor yang terbentuk dari partikel Komet Halley yang muncul 76 tahun sekali. Fenomena langit tersebut muncul ketika sore, malam dan fajar mulai tanggal 1-28 Mei 2020. Pasti seru sekali jika kalian menikmati fenomena-fenomena tersebut dan tidak melewatkannya. Mimin sendiri menyaksikan salahsatu fenomena tersebut yaitu fase bulan purnama yang benar-benar indah dipandang.

Terakhir, menyambut New Normal, salah satu kota di Jawa Tengah yaitu Kota Tegal sudah resmi mengakhiri Pembatasan Sosial Berskla Besar (PSBB) sejak Sabtu, 23 Mei 2020. Keputusan tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono. Meski PSBB sudah selesai dan bersiap menghadapi new normal tetapi kedispilinan dalam menaati aturan maupun protokol kesehatan selama di dalam dan di luar rumah harus tetap dijalankan dengan selalu memperhatikan phisical distancing serta rajin mencuci tangan.

Sampai jumpa di #MayDay2021 semoga kisah menarik di tahun ini akan membawa pembelajaran dan perubahan yang positif di tahun selanjutnya.
Terimakasih Mei, #MayDay is my day. (R.T.J.)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top