Connect with us

Perlengkapan Normal Baru Yang Harus Kita Bawa

Nasional

Perlengkapan Normal Baru Yang Harus Kita Bawa

Perlengkapan Normal Baru Yang Harus Kita Bawa

Hari ini sudah berjalan hari ke empat dari fase pertama normal baru yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia. Normal baru adalah pola hidup yang lebih teratur dengan memperharikan protokol kesehatan saat beraktifitas sehari-hari guna mencegah penularan virus corona. Kebijakan ini sudah dimulai pada tanggal 1 Juni 2020.

Ada lima fase normal baru yang aka diberlakukan dari bulan Juni hinggal Juli nanti. Hingga saat ini sudah banyak yang menerapkan kebijakan normal baru dengan pengawasan yang ketat dari aparat agar fase pertama ini bisa berjalan dengan baik. Masyarakat yang menjalankan juga dihimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku, terkhusus para pekerja yang Sudah memulai aktifitas pekerjaannya ditempat kerja.

Perlengkapan yang Harus Dibawa saat Menjalankan Normal Baru.

Normal baru harus dijalankan dengan melibatkan semua elemen bangsa ini. Normal baru yang bertujuan untuk memulihkan perekonomian Indonesia yang sempat melambat selama dua bulan terakhir harus disikapi secara bijak oleh masyarakat. Persiapan yang harus dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menjalankan normal baru yakni perlengkapan.

Perlengkapan dalam hal ini lebih kepada barang-barang pribadi yang digunakan saat beraktifitas di luar rumah. Berikut beberapa barang yang harus ada di tas kita saat bepergian ke luar rumah :

  1. Masker

Masker wajib harus kita bawa saat bepergian keluar rumah. Sesuai arahan pemerintah yang mengharuskan setiap warganya harus menggunakan masker saat beraktifitas keluar rumah. Tujuannya untuk mencegah penularan virus corona yang mampu menginfeksi seseorang melalui cairan yang keluar saat batuk, bersin maupun bicara. Beberapa jenis masker yang bisa dipakai yakni masker kain yang bisa digunakan oleh masyarakat umum. Masker ini mudah didapat dan harganya cukup murah.

Masker bedah, masker ini memiliki tiga lapiran yang mampu menyaring debu dan bakteri yang ada diudara. Masker ini cukup efisien untuk mencegah penularan virus corona. Akan tetapi, karena persediaannya yang cukup terbatas masker ini mulai dibatasi penjualnya dan diprioritaskan untuk tenaga medis.

Masker N95 merupakan masker yang efisien untuk mencegah penularan virus corona. Terdiri dari beberapa lapis dan mampu memfilter partikel kecil yang ada di udara. Namun, bentuknya yang kaku dan tebal menjadikannya tidak disarankan digunakan untuk kegiatan sehari-hari karena akan mempersulit kita bernafas. Masker N95 ini juga terbatas serta harganya cukup mahal sehingga masker ini diprioritaskan untuk tenaga medis.

  1. Hand Sanitizer

Wastafel dan beberapa tempat cuci tangan sekarang banyak ditemukan di banyak tempat. Gunanya untuk tempat mencuci tangan masyarakat saat beraktifitas di luar rumah. Kita harus sering mencuci tangan sebelum atau setelah memegang benda-benda di fasilitas publik. Sifat virus corona yang mampu menempel diberbagai barang harus kita antisipasi dengan sering cuci tangan. Kalau kebetulan kita jauh atau belum menemukan tempat cuci tangan, masyarakat bisa menggunakan hand sanitizer. Hand sanitizer mampu membersihkan tangan kita bakteri, kuman, dan virus yang menempel ditangan kita.

  1. Tisu Basah dan Tisu Kering

Benda ini sudah sering dibawa oleh kaum hawa. Mudah dibawa dan bisa kita temukan diberbagai toko. Tisu kering bisa digunakan ketika kita batuk aau bersin atau saat kita hendak menyentuh benda yang ada difasilitas publik seperti ganging pintu, tombol lift atau yang lainnya. Setelah digunakan jangan lupa untuk dibuang di tempat sampah agar tidak mengotori lingkungan sekitar kita.

Tisu basah bisa digunakan untuk membersihkan tangan setelah memegang atau menyentuh barang-barang di luar rumah kita. Pada umumnya tisu basah mengandung senyawa antiseptic yang mampu membersihkan tangan kita hingga kadar bersih dan sehat.

  1. Vitamin C

Normal baru membuat kita harus terbiasa dengan pola hidup yang disiplin menjaga kebersihan dan kesehatan badan. Selain dengan sering mencuci tangan, masyarakat juga disarankan untuk sering berolah raga, konsumsi makanan yang sehat dan sebagai tambahannya mengkonsumsi vitamin C yang mampu memperkuat imunitas kita.

  1. Alat Ibadah

Pemerintah sudah membuka tempat ibadah untuk masyarakat yang ingin beribadah di tempat ibadah. Dalam prosesnya, tempat ibadah juga diminta untuk menerapkan protokol kesehatan agar orang yang menjalankan ibadahnya tetap terjaga dan khusuk. Dalam hal ini, masjid yang biasa menyediakan alat ibadah mulai membatasinya. Jamaah yang ingin beribadah di masjid diharuskan membawa alat ibadah sendiri dan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Sama halnya di gereja, wihara, klenteng maupun tempat beribadahan lainnya juga membatasi perlengkapan ibadah guna memberi rasa aman dan mencegah penularan virus corona.

  1. Alat Makan Mandiri

Normal baru bertujuan untuk memulihkan ekonomi Indonesia yang sempat melambat. Kondisi ini membuat beberapa tempat makan maupun industry kuliner lainnya mulai membuka outletnya. Walaupun pihak tempat makan menyediakan alat makan sendiri, akan lebih nyamannya apabila kita membawa alat makan sendiri ketika kita akan makan di luar rumah.

  1. Tote Bag

Pencanangan kurangi penggunaan plastik juga perlu diperhatikan. Selain itu, virus corona ini mampu menempel pada produk plastic dalam waktu yang lama. Sehingga sikap antisipasi yang tepat untuk masyarakat yang melakukan kegiatan luar rumah seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari disarankan untuk membawa tote bag sendiri untuk barang belanjanya.

  1. Sarung Tangan

Sarung tangan/hand glove bisa kita gunakan ketika kita berkegiatan di luar rumah dengan mobilitas tinggi. Dalam hal ini pekerja seperti ojek online maupun ibu-ibu yang ingin berbelanja di luar rumah.

  1. Helm Pribadi

Bagi pekerja yang memanfaatkan ojek online sebagai moda transportasinya sangat disarankan membawa helm sendiri. Karena kita ketahui bahwa helm ojek online sering dipakai oleh penumpang lain secara bergantian. Hal ini yang perlu diantisipasi oleh penumpang ojek online jika ingin menggunakan jasa mereka.

  1. Menggunakan Baju Lengan Panjang

Penggunakan baju lengan panjang mampu menutupi lengan kita dari sentuhan dengan orang lain maupun benda disekitar kita yang mungkin saja sudah terinfeksi atau ditempeli virus corona. Sehingga kita sedikit lebih aman. Akan tetapi setelah sampai dirumah pakaian yang kita gunakan saat beraktifitas sehari ini harus segera dicuci guna membersihkan berbagai partikel kecil yang menempel.

Perlengkapan berikut merupakan beberapa barang yang bisa kita bawa untuk kegiatan sehari-hari di fase normal baru. Beberapa perlengkapan tambahan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing orang guna mencegah penularan virus corona.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional

To Top