Connect with us

Inilah 7 Channel Islami Buat Kamu Yang Ingin Belajar Islam Dengan Adem

Budaya

Inilah 7 Channel Islami Buat Kamu Yang Ingin Belajar Islam Dengan Adem

Inilah 7 Channel Islami Buat Kamu Yang Ingin Belajar Islam Dengan Adem

dutadamaijawatengah.id – Belajar agama tak harus dilakukan secara pertemuan langsung. Apalagi ditengah pandemi covid-19 atau virus Corona ini. Kegiatan belajar agama juga bisa dilakukan secara daring misal bisa melalui Youtube. KH. Bahauddin Nursalim, atau yang akrab disapa Gus Baha dalam sebuah videonya menyatakan bahwa sanad ngaji tetap terhubung walau dilakukan secara daring. Kecuali untuk mereka yang menjadi mufthi.

Namun tak jarang banyak konten dakwah online yang ‘panas’. Sering menggunakan kata kasar, bahkan menyerang satu pihak tertentu. Tentu sebagian dari kita tidak nyaman sama konten belajar dengan cara itu.

Kabar baiknya, masih banyak channel yang membuat kita dapat belajar islam dengan cara damai, namun tetap memiliki kedalaman ilmu. Berikut hasil rangkuman kami :

1. Santri Gayeng

Buat kamu yang ingin belajar islam dengan penyampaian yang adem, maka channel Santri Gayeng wajib jadi pilihan. Meskipun banyak diselingi dengan humor, namun jangan ragukan tentang kedalaman ilmu. Konten pengajian ini pun berdasarkan kitab-kitab yang moderat serta mampu memberikan pandangan bahwa islam itu agama damai. Channel ini pun didominasi oleh konten Fikih, Tasawuf hingga tafsir dalam bentuk semi-podcast.

2. CakNun.com

Channel satu ini bikin belajar islam makin adem, tapi tetap bisa kritis terhadap isu terkini. Cak Nun.com bisa menjadi rujukan buat kamu yang ingin mencari sudut pandang baru tentang islam. Beberapa video bahkan juga memberikan ruang bagi peserta kajian untuk menyatakan pendapatnya, yang kemudian ditanggapi secara terbuka oleh Cak Nun dan pembicara lain.

3. Al-Bahjah TV

Buat kamu yang mau belajar buat perbaikan diri, Fikih serta refleksi channel ini sangat tepat buat kamu. Dengan penyampaian Buya Yahya yang tegas, namun tetap adem, channel ini buat kamu belajar islam gak bikin ngantuk. Tak hanya itu, kadang konten di channel ini juga cocok buat kamu belajar soal percintaan dalam islam.

4. 164 Channel

Channel yang satu ini buat kita bisa belajar tentang isu terkini dalam dengan mengambil sudut pandang dalam islam. Berbagai isu mulai kebijakan pemerintahan, kesehatan, keberagaman dan isu yang ramai diperbincangkan juga banyak dibahas channel ini. Termasuk dalam memberikan pandangan kritik untuk perbaikan kebijakan pemerintah.

5. tvMU

Channel yang diinisiasi oleh Ormas Muhammadiyah ini berisikan konten-konten pembelajaran islam yang progresif dan intelektual. Tidak hanya berisikan konten bernafaskan islami, tetapi juga konten seperti pendidikan, sejarah, hingga media pemberitaan mainstream.

6. NU Channel

NU Channel adalah salah satu wadah media yang dibentuk oleh Ormas Nahdlatul Ulama (NU). Dengan konten yang mengedepankan pembelajaran islam yang moderat. Termasuk beberapa konten pengajian yang memang diisi oleh pendakwah dan cendekiawan yang moderat.

7. islamidotco

Islamidotco jadi channel dengan belajar islam dengan berbagai bentuk yang kreatif. Mulai dari pengajian, podcast, videografis hingga film pendek yang sangat makna dalamnya. Cocok buat kamu yang ingin belajar islam dengan cara adem.

Itulah 7 channel YouTube islami yang bisa kamu subscribe dan tonton untuk mengisi waktu menemanimu kegiatan selama #DiRumahAja semoga bermanfaat. Tanpa harus dakwah yang keras, tetapi ilmunya tetap masuk. Ya kan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Budaya

To Top