Connect with us

Pakar IT Ini Berikan Tips Tingkatkan Keamanan Siber Pada Masa New Normal

Nasional

Pakar IT Ini Berikan Tips Tingkatkan Keamanan Siber Pada Masa New Normal

Faisal Yahya, pakar keamanan siber dari Indonesia memberikan beberapa tips untuk meningkatkan keamanan siber pada masa New Normal. Tips ini juga bisa digunakan kala Work From Home. Tips ini ia jabarkan dalam podcast berjudul Cyber Attack Senyap di saat Pandemic yang bisa anda dengar dengan klik link ini. Apa saja tipsnya?

1. Ganti Password Akses

Yang pertama, Pastikan perangkat wifi yang kita miliki secara rutin, setidaknya 2 bulan sekali, dilakukan pergantian password akses. Pastikan untuk Admin password router juga ikut di ubah.

2. Matikan Perangkat Wifi

Faisal juga berpesan agar mematikan perangkat wifi pada waktu tidak di pergunakan, misal saat malam hari. Hal ini dapat mempersulit pihak yang mencoba meretas password wifi router tersebut. Pada beberapa jenis perangkat router tertentu, bisa dilakukan dengan menggunakan fitur scheduler.

3. Perbarui Aplikasi

Masih berlanjut, Faisal berpesan agar untuk selalu melakukan update atau patching terhadap OS dan perangkat lunak (software) yang di pergunakan pada seluruh perangkat. Baik itu perangkat seperti komputer, laptop maupun perangkat gadget mobile.

4. Hapus aplikasi tak terpakai

Faisal Yahya menambahkan agar menghapus aplikasi yang sudah tidak lagi dipakai. Tips ini kemudian dapat membantu meringankan kerja perangkat dan menghemat daya pakai baterai. Selain itu, langkah ini dapat memperkecil area penyerangan atau attack surface pada perangkat kita.

5. Terapkan MFA (Multi-Factor Authentication)

Dalam penggunaan password, ia berpesan untuk memastikan agar selalu menerapkan Multi-Factor Authentication (MFA) sebagai tambahan perlindungan atas akun yang memiliki fungsi kritis, seperti: akun email, internet banking, sosial media, dan akses ke sistem perusahaan.

6. Tingkatkan kompleksitas password

Tips berikutnya adalah tingkatkan kompleksitas password. Serta gantilah password secara rutin dan tidak mempergunakan satu password yang sama kepada lebih dari satu akun. Jika dirasakan membantu, gunakan Password Manager untuk mempermudah. Gantilah password email lebih sering di bandingkan password akun aplikasi lainnya. Sebab, jika password akun lain di retas, pastinya proses recovery akan memerlukan akses ke email, jadi pastikan tingkat pengamanan email lebih tinggi dari pada yang lainnya.

7. Gunakan VPN dan Pasang Antivirus

Yang ketujuh, gunakan VPN. Namun, imbuhnya penggunaan VPN hanya berguna untuk menghindari serangan man-in-the-middle atau bentuk pembajakan. Namun, penggunaan VPN tidak memiliki fungsi untuk mencegah serangan malware dari perangkat ke data center perusahaan. Pastikan antivirus dan jika tersedia firewall pada laptop selalu dalam kondisi yang up-to-date.

8. Jangan klik link sembarangan

Yang kedepalan, jangan asal klik link apalagi yang bersumber dari email, meskipun kita mengenal pengirimnya. Bisa jadi email tersebut di kirim oleh malware setelah menginfeksikan perangkat pengirim.

9. Ulas Kembali keamanan siber kantor maupun rumah

Yang terakhir, lakukan review tingkat keamanan perangkat lain milik anggota keluarga di rumah. Berikan saran peningkatan keamanan, agar perangkat anggota keluarga juga turut menjadi lebih aman. Ingat bahwa serangan itu belum tentu semuanya datang dari depan, ada yang dari kiri/kanan dan ada juga yang dari belakang.

Itulah beberapa tips yang diberikan oleh Faisal Yahya untuk meningkatkan keamanan siber kita selama Di Rumah Aja dan Work From Home. Semoga dapat menjadi manfaat bagi kita semua.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional

To Top