Connect with us

Tips Mengolah Daging Kurban

Budaya

Tips Mengolah Daging Kurban

Halo Sobat Damai,

Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari, sudah siapkah kalian semua? Idul Adha biasanya akan ramai dengan momen penyembelihan hewan kurban. Kita akan mendapatkan banyak daging hewan kurban pada hari itu. Daripada bingung bagaimana cara mengolah daging kurban, disini kita bagikan beberapa tips cara mengolah daging kurban yang baik dan benar beserta beberapa saran menu masakan dari daging kurban yang bisa sobat damai coba di rumah bersama keluarga.

Daging kurban umumnya memang sedikit alot dan berbau. Ada beberapa tips agar daging kurban yang akan kita masak menjadi empuk dan tidak bau, berikut caranya :

  1. Marinasi dengan buah nanas

Cara ini memang sudah umum dan banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Cara ini masih termasuk cara yang alami. Nanas mengandung kadar asam yang tinggi sehingga bisa membuat daging empuk. Caranya haluskan nanas, lalu campurkan dengan daging yang sudah dipotong-potong selama kurang lebih 30 menit.

  1. Bungkus daging dengan daun papaya

Cara ini memang sedikit jarang kita temui saat mengolah daging. Namun, cara ini memiliki kasiat sama dengan cara menggunakan buah nanas. Caranya, kalian bisa potong-potong terlebih dahulu daging yang akan di bungkus sesuai dengan ukuran yang bisa dimakan. Lalu bungkus dengan daun papaya yang masih segar jangan yang daun kering dan diamkan selama satu jam. Setelah itu daging siap untuk dimasak.

  1. Lumuri dengan jahe

Melumuri daging dengan jahe termasuk cara yang bisa membuat daging kurban jadi lebih empuk. Pertama parut jahe sampai halus, kemudian lumurkan pada daging yang akan dimasak. Berikan sedikit pijatan pada daging agar jahe lebih meresap ke serat-serat daging dan diamkan selama 30 menit lalu masak dagingnya.

  1. Rendam daging dengan baking powder

Menggunakan baking powder untuk membuat empuk daging memang membutuhkan waktu sedikit lama dari pada cara yang sebelumnya. Cara ini cocok untuk kita yang ingin membuat sate atau daging lada hitam. Pertama tentu potong-potong daging sesuai ukuran yang mudah untuk dimakan, kemudian bubuhi dengan baking powder secara merata dan diamkan selama semalam penuh. Jadi cara ini memang perlu membutuhkan kesabaran lebih, bagi kalian yang ingin segera menikmati daging kurban bisa menggunakan cara yang sebelumnya.

Setelah mempersiapkan daging kurban yang akan kita masak, berikut beberapa menu masakan yang bisa dicoba besok saat Idul Adha.

  1. Bakso bakar

Bakso bakar merupakan menu yang makanan dengan bahan dasar daging yang baru-baru ini hitz. Biasanya kita temui sebagai jajanan biasa tapi belakangan tidak sedikit juga yang membuatnya sebagai menu andalan di warung bakso. Prosesnya memang agak lama, lantaran harus menggiling daging menjadi halus kemudian membuatnya menjadi adonan bakso.

Setelah adonan bakso jadi, lalu tusuk-tusuk di tusukan sate dengan jumlah sesuai keinginan kita. Kemudian lumuri bumbu bakar dan bakar hingga matang, jika sudah matang sajikan dan siap dinikmati.

  1. Bistik daging

Memasak bistik cocok daging cocok buat kalian yang ingin memadukan lemak daging dengan sayuran. Bistk biasanya juga didampingi dengan kuah kental yang mirip dengan saus steak. Selain itu, bistik juga biasa dihidangkan dengan aneka sayur seperti wortel, kentang, jagung manis dan buncis.

  1. Sop kaki kambing

Menu sop kaki kambing memang berasal dari tanah Betawi, tapi bisa kita coba untu menu olahan daging kurban kita nanti. Rasa gurih dan segar kuah sop dan potongan bagian kaki kambing yang nikmat dengan campuran kuah santan atau bisa diganti dengan susu sebagai pengganti santan.

  1. Sate padang

Menu sebelumnya yakni sop kaki kambing berasal dari Betawi, kalua menu sate padang tentu sudah tahu dari mana asalnya. Benar, sate padang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Biasanya bahan baku sate ini berasal dari bagian jeroan, lidah dan daging sapi yang kemudian disiram dengan kuah kacang kental khas Padang. Menu ini cocok buat kalian yang ingin tetap mengolah daging dengan cara disate.

  1. Kwetiaw sapi

Mengkonsumsi daging tidak melulu menggunakan nasi. Kita bisa menggunakan kwetiaw yang juga masih umum kita temukan diwarung nasi goreng malam hari. Kita bisa mencampurkan daging sapi atau kambing pada kwetiaw yang bisa dimasak kuah atau goreng. Menu ini masih jarang dipilih tapi patut untuk kita coba sebagai salah satu menu pilihan untuk mengolah daging kurban.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top