Connect with us

Manfaat Kegiatan Kerelawanan (MKK)

Culture

Manfaat Kegiatan Kerelawanan (MKK)

Relawan adalah seseorang atau kumpulan orang yang memilki keinginan atau semangat untuk melakukan sesuatu hat atas dasar kerelaan. Baik pada isu sosial, kesehatan, ekonomi, politik, hukum dan keamanan. Aktifitas yang berbasisi pegambdian dan kerjasama ini melatih setiap pelakunya untuk selalu bertindak dengan setulus hati. Mengajar tanpa pamprih berkarya dengan cinta untuk merajut asa yang tiada batasannya.

Ketika Sahabat Damai akan mengikuti sebuah kegiatan sosial atau dalam bahasa inggrisnya volunteery ini, tentu bagi yang awam dan belum pernah bergabung sebelumnya dalam suatu komunitas maupun kelompok sosial tentu akan mencari tahu apa saja manfaat yang dapat diperoleh ketika mengikuti suatu kegiatan sosial. Nah, berikut ini ulasan tentang manfaat-manfaat dari mengikuti kegiatan pengabdian atau kerelawanan.

  1. Memperluas jaringan relasi (networking). Ketika mencoba mengikuti suatu kegiatan yang baru dan tentunya orang-orang baru dengan berbagai latar belakang kehidupan. Dari situlah orang yang kita kenal bertambah dan akan menjadi keungguan sendiri apabila seseorang memiliki bayak relasi. Relasi sangat penting, guna menunjang kehidupan sosial kita. Misalkan saja di dalam situasi terdesak dan memerlukan bantuan ketika berada di luar kota, kita dapat meminta bantuan relasi yang ada di daerah tersebut. Dengan memiliki banyak relasi tentu kita memiliki banyak saudara untuk berbagi informasi dan ilmu pengetahuan.
  2. Pengetahuan bertambah. Seperti yang penulis sampaiakan, ketika kita mengikuti sebuah kegiatan positif yang baru seperti relawan penggerak perdamaian dan lain sebagainya. Tentu hal yang akan terasa pertama kali adalah bertambahnya wawasan dan terbukanya pemikiran kita terhadap suatu hal sesuai bidang yang kita ikuti tersebut. Bahkan kita akan memiiki kesempatan untuk berkontribusi lebih lagi.
  3. Kepekaan pikir dan managemen diri meningkat. Pada kegiatan-kegiatan volunteery atau kerelawanan, secara tidak langsung kepekaan rasa kita akan terasah. Entah daalam meresponse ucapan, tindakan atau permasalahan yang dihadapi. Tentu hal tersebut akan membuat kita lebih berpikir dewasa atau berpikir panjang sebelum melakukan sebuah keputusan. Tentu hal ini sangat berdampak positif bagi kehidupan mendatang.
  4. Meningkatkan kreatifitas. Melalui kegiatan-kegiatan yang baru dan menantang untuk dicoba, seseorag tentu akan melakukan penyesuaian-penyesuaian yang akan membantu dirinya untuk kreatif dalam usaha mengembangkan diri. Kreatifitas akan terlatih dengan menjadi seorang problem solutor atau memberikan suatu terobasan dan solusi pada suatu permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat luas.
  5. Percaya diri. Selain hal-hal di atas, rasa kepecayaan diripun turut tumbuh dan berkembang seiring situasi dan kondusi yang dihadapi. Misalkan saja, ada seseorang yang malu untuk berbicara di depan umum atau mengungkapkan argumennya. Mereka secara tidak langsung akan terstimulus untuk berani berbicara dan mengungkapkan pendapat
  6. Sertifikat Penghargaan dan rasa kebanggaan Sertifikat ialah salah satu bentuk apresiasi yang diberkan kepada seseorang atas dharma bhakti dan prestasi yang sudah dilakukan. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk mendukung jenjang karier, rencana study dan pengalaman hidup selanjutnya. Suatu penghargaan juga akan sangat bermanfaat sebagai pengingat dan sebuah perjalanan sejak sejarah setiap manusia di dunia ini.
  7. Rasa senang dan bangga. Siapapun di dunia ini, apabila melakukan suatu kegiatan yang menyenangkan dan masuk ke dalam passion hidupnya. Tentu kamu akan melakukan hal tersebut dengan maksimal dan sekuat tenaga. Rasa bangga dan pembuktian kepada diri sendiri bahwa kamu dapat melakukan sesuatu hal dengan kemapuan diri sendiri. Kalian adalah pahlawan bagi setiap orang yang berada di dunia, dengan kegiatan kerelawanan kamu dapat mengukur kemampuan diri dan hal-hal hebat yang kamu miliki. Pada dasarnya setiap manusia itu mampu berkary dan hebat. Setiap kitaadalah aset bangsa yang harus terus optimis di tengah arus dan rasa psimis, bahwa Indonesia Hebat daan gayeng. Raundoh Tul Jannah (R.T.J).

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top