Connect with us

Taati Protokol Kesehatan, Wujud Self Awareness

Living

Taati Protokol Kesehatan, Wujud Self Awareness

Self Awareness atau kesadaran diri sangat dibutuhkan oleh setiap manusia di dunia, untuk memiliki soft skill atau kebiakan diri yag berdampingan dengan hard skill  atau keahlian diri. Dalam Philosophy of self, kesadaran diri adalah pengalaman kepribadian atau individualitas seseorang untuk mencapai ketenangan dalam batin dan nurani sehingga mampu membedakan sesuatu hal baik atau tidak untuk diri sendiri, wikipedia.id. Kebaikan dan keahlian yang dimaksud alah kemampuan untuk membaca suatu potensi yang berdampak positif bagi diri sendiri dan orang lain apabila dilakukan.

Kepedulian

Seperti halnya response atau tanggapan kita terhadap himbauan pemerintah tentang penerapan protokoler kesehatan New Normal Pandemi Corona Virus Deseas (Covid-19). Sudah sepatutnya kita sambut dalam wujud tindakan dengan melaksanakan hal-hal yang diajurkan.

Akan ada banyak manfaat yang dapat diambil manakala Sahabat Damai mau melaksanakan anjuran tersebut secara bijak. Salah satunya sebagai wujud self awareness. Self awareness tidak hanya berwujud kita peduli terhadap bentuk tubuh, penampilan, mensyukuri apa yang dimiliki akan tetapi juga mampu mengaplikasikan hal baik yang berdampak positif untuk diri sendiri.

Nah, berikut beberapa manfaat melaksanakan protokoler kesehatan keluar dan masuk rumah selama masa transisi new normal covid-19. Simak dengan seksama ya sahabat.

 

 

Dampak positif mencuci tangan adalah melindungi tangan dari kuman penyebab penyakit. Dengan mencuci tangan, kita dapat bersentuhan langsung dengan air yang bersifat lebut dan menenangkan. Apalagi jika air yang digunakan bersumber dari mata air. Tentu akan menambah sensasi menenangkan da kan membuat pikiran lebih tenang. Selain memcuci tangan dengan air, hand sanitizer juga dapat menjadi alternatif. Seiring berkembangnya permintaan, banyak sekali varian aroma maupun jenis yang dikeluarkan produsen. Sehingga tidak heran hand sanitizer banyak diburu dan aromanya dapat digunakan sebagai sarana terapis untuk menyegarkan pikiran. Salah satu wujud kepedulian terhadap diri sendirikan Sahabat.

 

Memakai masker juga salah satu kewajiban yang harus dilakukan masyarakat untuk keamanan diri dari penyebaran virus. Selain mengurangi potensi penyebaran virus covid-19 hingga 90% dan menekan jumlah percikan druplet h, menggunakan masker juga dapat melindungi wajah dari debu penyebab masalah kulit wajah. Dengan catatan gunakan masker dengan bahan yang sesuai untuk kulit dan rutinlah mengganti serta mencuci masker agar tetap hygienis. Masker juga sangat bermanfaat untuk menyaring udara saat berkendara di jalan raya guna menghindari potensi gangguan pernafasan.

 

 

Menjaga jarak dengan tertib dan teratur juga sangat bermanfaat untuk diri kita. Bergerak lebih leluarsa dan membuat kita lebih nyaman menjalankan aktifitas. Menghindari erumunan maupun menjaga jarak aman 1.5 hingga 2 meter akan mengurangi potensi terjadinya pelecehan seksual yang biasanya terjadi di tengah kerumunan maupun kondisi berdesak-desakkan. Seperti tindakan seksual harassment atau menyetuh bahkan meraba dengan sengaja tubuh lawan jenis di daerah vital maupun tidak yang bertujuan untuk menggoda atau merendahkan lawan jenis. Apalagi potensi tindak pidana kejahatan juga rawan terjadi dalam kerumunana.  Nah, secara langsung dengan melakukan jaga jarak serta menjauhi kerumunan kita dapat melakukan sef awareness.

 

urus pamungkas yang harus selalu diamalkan ialah optimis. Semangat untuk maju dan menatap ke depan lebih baik. Optimisme akan membuat pola pikir kita terpacu untuk melangkah lebih baik dan tidak gentar. Seperti kita yang harus bersama-sama saling menjaga, membantu dan bergerak melewati ujian pandemi yang belum ditemukna obatnya hingga kita. Ada pepatah bilang,  obat yang paling mujarab itu hadir dari diri kita sendiri “pemikiran”.

Semoga bermanfaat ya Sahabat Dama dimanapun berada, self awarnees atau kepedulian terhadap kondisi diri sendiri sangat diperlukan apalagi jika hal tersebut berdampak poisitif. Semangat selalu dan tetap lakukan anjuran pemeritah ya Sahabat. Salam Damai dari Semarang Jawa Tengah untuk Indonesia dan Dunia karena Berani Damai Saatnya untuk Beraksi. Raundoh Tul Jannah (R.T.J.)

 

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top