Connect with us

Lawakan, Jalan Lain Tebarkan Perdamaian

Nasional

Lawakan, Jalan Lain Tebarkan Perdamaian

Duta Damai Jawa Tengah, berkolaborasi dengan Duta Damai Jakarta dan Admin Twitter Garis Lucu (GL) Family menyelenggarakan kegiatan sharing session. Dengan tema “Tebar Damai Dengan Komedi, Rajut Persaudaraan dengan Lawakan”, kegiatan ini diselenggarakan pada Sabtu, 30/01 melalui platform Zoom dan Live Youtube.
Dalam wawancara terpisah, Koordinator Duta Damai Jawa Tengah, Basuki Setya Nugroho menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mengetahui lebih dalam bagaimana mengemas pesan perdamaian melalui lawakan.
“Selain itu, kami juga ingin mengetahui tantangan dalam menyampaikan pesan keagamaan dan perdamaian dalam lawakan” ujarnya.
Dalam sesi berbaginya, Katolik Garis Lucu, menceritakan bagaimana akun @KatolikG dilandasi oleh masih adanya beberapa akun resmi bertema katolik penyampaian pesan secara tradisional. Seperti gaya bahasa menggurui hingga pengutipan ayat suci secara mentah, yang menurut mereka kurang efektif tersampaikan pesannya bila melalui medsos. Hal ini dikarenakan sifat medsos yang interaktif dan didominasi oleh anak muda.
“Sehingga perlu dibuat pendekatan yang berbeda dalam komunikasinya, namun tetap tersampaikan pesannya” tandas Admin Katolik Garis Lucu.
Terkait dalam penyampaian pesan melalui konten, HKBP Garis Lucu menjelaskan bahwa salah satu tantangan yang mereka alami yakni ketika lawakan tersebut tidak mampu dipahami oleh audiens. Sering kali audiens HKBP Garis Lucu menganggap terlalu serius konten yang mereka unggah.
Senada dengan HKBP Garis Lucu, Konghucu Garis Lucu memiliki tantangan sendiri. Yakni susah diprediksinya reaksi warganet atas konten yang telah diunggah. Walaupun dengan cara lawakan, namun konten yang diunggah Konghucu Garis Lucu kadang tidak mendapatkan reaksi minim dari warganet.
“Namun kadang ada juga sekalinya konten itu asal kita unggah, malah rame reaksinya” ucap admin Konghucu Garis Lucu.
Admin Twitter GL Family adalah suatu komunitas akun twitter yang menyebarkan konten lawakan di media sosial terutama Twitter. Identitas mereka bersifat anonim yang memang sudah menjadi ciri khas mereka.
Beberapa anggota Twitter GL Family yang hadir pada kegiatan hari ini antara lain Konghucu Garis Lucu, Muslim Garis Lucu, HKBP Garis Lucu, Katolik Garis Lucu, Protestan Garis Lucu, Hindu Garis Lucu, Buddha Garis Lucu, Agnostik Garis Lucu serta Bumi Datar Garis Lucu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top