NasionalViral

Bangsa yang Penuh Curiga terhadap Bangsanya Sendiri

Hallo Sobat Damai, kalian berasa enggak sih? Kalau semakin tahun bangsa kita ini semakin tidak percaya dengan bangsanya sendiri. Ditambah lagi, ketika masa-masa yang harus dihadapi bersama, yang seharusnya saling membantu dan percaya malah kenyataan dilapangan adalah sebaliknya.

Padahal, Indonesia sejak dulu dikenal dengan bangsa yang gotong-royong, dan gotong-royong tidak akan tercipta jika tidak saling percaya bukan? Lalu, kemana image itu pada tahun-tahun belakangan ini. Semua topeng menjadi terbuka tanpa aling-aling ketika virus corona ini menyerang. Kita semakin tahu, begitu rapuhnya kita jika seumpama negara asing menyerang negara kita.

Penulis akan memberikan beberapa bukti dibawah ini :

Ketika Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di vaksin Sinovac? Apa narasi yang berkembang di tengah masyarakat? Maka jawabannya adalah, jika itu bukanlah vaksin, melainkan vitamin C. Atau, itu memang vaksin, tapi vaksin yang berbeda dengan vaksin yang disuntikkan kepada rakyat!

Padahal itu adalah presiden kita. Ditambah lagi, kejadian itu adalah Live Streaming dan disaksikan banyak masyarakat Indonesia. Walaupun penulis tahu, narasi busuk itu hanyalah perbuatan oknum. Tapi, seharusnya itu tidak terjadi, seharusnya tidak ada.

Ada juga narasi yang berkembang di tengah masyarakat jika Rumah Sakit sengaja meng-covidkan pasien?! Lalu Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) membantah tuduhan itu. Walaupun demikian, masih banyak masyarakat yang tidak percaya.

Masyarakat juga banyak percaya bahwa Covid adalah konspirasi Elit Global! Tetapi mereka sama sekali tidak percaya bahwa Indonesia masih mempunyai orang-orang hebat yang akan tahu akan hal itu jika berita itu benar?! Mereka lebih percaya rumor daripada para Dokter. Mereka lebih percaya isu mengenai Elit Global daripada bangsanya sendiri.

Kita mungkin muak terhadap kasus dana Bantuan Sosial (Bansos) Covid 19 yang dikorupsi mantan Menteri Sosial Juliari Batubara. Tapi, apakah kita harus sampai tidak percaya ke semua pejabat negara? Yang notabene adalah bangsa kita sendiri?! Apakah kita harus sampai begitu?!

Kita mungkin menemukan penyelewengan di tengah-tengah masyarakat mengenai penangan Covid 19 yang tidak sesuai standar. Tapi, apakah karena hal itu kita harus menggeneralisasi kejadian itu kepada semua Dokter dan Rumah Sakit seluruh Indonesia?! Lalu, jika demikian, kepada siapa kita harus percaya?!

Apakah kita harus percaya pada mereka yang tidak pernah sekolah Dokter?! Apakah kita harus percaya kepada mereka yang sama sekali tidak tahu hukum negara?! Atau, apakah kita harus percaya kepada mereka yang berkata lewat cocokologi dan persepsi yang tanpa ilmu?!

Penulis mengajak semua, terutama pembaca setia. Situasi yang sangat sulit ini. Tidak ada yang dapat kita percayai selain bangsa kita sendiri. Satu atau dua kesalahan yang sudah terjadi jangan sampai kita menggeneralisasi hal tersebut. Kita harus yakin, bangsa kita masih mempunyai banyak orang hebat, masih banyak orang jujur, dan masih banyak yang mempunyai integritas. Kita harus percaya terhadap bangsa sendiri, karena itu yang paling kita percayai seharusnya.

Apa yang Perlu Dilakukan Sebelum dan Sesudah Vaksinasi COVID-19?

Previous article

Fitur Baru Reels dan Fitur Instagram Lainnya

Next article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *