NasionalNewsViral

Apakah Benar Indonesia yang Dijajah 350 Tahun oleh Belanda?

Di momen menjelang hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus ini, kamu pasti pernah mendengar atau membaca artikel entah di internet, buku pelajaran, atau hasil cuap-cuap temanmu kalau negara kita Indonesia pernah dijajah selama 350 tahun oleh Belanda. Sayang sekali, sejarah semacam ini nggak pernah dijelaskan secara rinci.

Hayooo, tahu nggak kapan persisnya Belanda mulai menjajah Indonesia dan kapan sebenarnya penjajahan itu berakhir kalau dikatakan “350 tahun dijajah”? Oke deh, kita langsung ke bahasan utamanya saja deh yuk!

Jadi, sekitar dua abad lalu, hampir semua bangsa di dunia dikuasai oleh kolonialisme atau penjajahan dari bangsa-bangsa Eropa. Misalnya saja Kerajaan Inggris pada masa itu, mereka mempunyai wilayah jajahan di lima benua. Bahkan yang lebih lama lagi, dahulu dunia sempat dibagi dua kekuasaannya melalui Perjanjian Tordesillas.

Kenapa bangsa-bangsa Eropa melakukan itu? Salah satu tujuannya adalah mencari dan berdagang rempah-rempah, sesuatu yang mahal dan banyak dicari di Eropa. Maklum, di Eropa sulit ditemukan rempah-rempah yang bisa bikin masakan jadi lebih enak.

Mereka kemudian melakukan ekspedisi ke seluruh dunia untuk mencari rempah-rempah tadi, untuk kemudian dibawa ke negara mereka. Sayangnya di dalam proses itu, bangsa yang menjadi korban kolonialisme banyak yang tenggelam dalam kemiskinan, perang saudara, hingga penderitaan.

Indonesia dikatakan pernah dijajah selama 350 tahun. Namun, percaya atau nggak, sebenarnya hal itu hanya berupa mitos, lho. Menurut Historia.id, memang benar bapak pendiri bangsa kita, Ir. Sukarno, pernah mengatakan, “Indonesia dijajah selama 350 tahun!”

Walau begitu, ucapan Bung Karno itu hanya untuk membangkitkan semangat rakyat Indonesia saat perang mempertahankan kemerdekaan menghadapi Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia pascaproklamasi. Masih ingat tentang sejarah bangsa Indonesia yang mempertahankan kemerdekaannya, kan?

Ucapan Bung Karno itu nggak lain adalah untuk membalas perkataan penguasa-penguasa Hindia Belanda, salah satunya Bonifacius Cornelis de Jonge, yang sempat dengan arogan berkelakar, “Belanda sudah berkuasa 300 tahun dan masih akan berkuasa 300 tahun lagi!”

Dalam buku Bukan 350 Tahun Dijajah yang ditulis oleh Prof. Mr. G. J. Resink, seorang sejarawan keturunan Belanda, juga dibantah tuh kalau Indonesia pernah dijajah Belanda selama 350 tahun. Justru yang benar adalah sebaliknya, Belanda membutuhkan waktu sekitar 300 tahun untuk menaklukkan seluruh wilayah yang sekarang dikenal bernama Indonesia.

Nah, sekarang, kapan sih Belanda tiba di Nusantara? Kalau dihitung dari tahun kemerdekaan Indonesia yakni 1945, terus dikurangi 350 tahun, itu artinya Belanda seharusnya tiba di Indonesia tahun 1595. Namun faktanya, pada tahun segitu belum ada tuh ternyata bangsa Belanda yang tiba di Nusantara. Kerajaan-kerajaan di Nusantara masih adem ayem saja.

Kedatangan bangsa Belanda ke Nusantara baru terjadi pada 22 Juni 1596, yang mana kala itu ada total empat buah kapal Belanda yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman. Mereka berhasil merapat di Pelabuhan Banten. Seiring berjalannya waktu, konflik antara para pedangang Belanda, Portugis dan Inggris membuat para pedagang Belanda membuat sebuah kongsi dagang yang diberi nama VOC.

Jadi, kapan sebenarnya negara Belanda menjajah Indonesia?

Menurut ArsipIndonesia.com, VOC yang dibubarkan itu lantas diganti sistemnya oleh Belanda menjadi daerah otonomi yang dikenal sebagai Nederlands Indie atau Dutch East Indies, yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Hindia Belanda, di bawah pimpinan Gubernur Jenderal. Sejak tahun 1800, Hindia Belanda berusaha melebarkan kekuasaannya di Nusantara lewat penjajahan.

Namun, tentu saja hal itu nggak mudah mereka lakukan. Berbagai perlawanan memerangi Hindia Belanda banyak terjadi di Nusantara dari rentang tahun 1800 hingga 1912.

Jika awal penjajahan dihitung dari awal berdirinya VOC tahun 1602, ditambah 350, Indonesia seharusnya baru merdeka pada tahun 1952. Jika dihitung tahun 1800 saat pemerintah Belanda mengambil alih VOC yang bangkrut lalu mengubahnya menjadi Hindia Belanda, Indonesia baru merdeka tahun 2150.

Atau jika dihitung lebih awal lagi saat pertama kali pasukannya Cornelis de Houtman datang ke Nusantara tahun 1596, Indonesia seharusnya baru merdeka di tahun 1946, padahal Belanda sendiri menjajah kita hingga tahun 1942 saja sebelum akhirnya datang Inggris dan setelah itu Jepang yang menjajah kita dari tahun 1942 hingga 1945.

Nggak ada orang yang tahu secara pasti dari mana angka 350 tahun itu muncul. Sayangnya, hal keliru itu masih dipelajari bahkan dipercayai oleh bangsa kita hingga saat ini.

Bukan berarti kita harus menganggap bahwa kekejaman penjajahan Belanda terhadap Nusantara nggak pernah ada, melainkan yang seharusnya fakta bahwa Belanda nggak pernah menjajah Indonesia selama 350 tahun itu yang ditonjolkan. Karena sebenarnya, adalah Belanda yang butuh waktu lebih dari 300 tahun untuk menaklukan Nusantara.

Kalaupun mau disebut “Belanda menjajah Indonesia”, hal itu hanya terjadi selama tiga tahun saja, yakni pada peristiwa agresi militer Belanda pada tahun 1945-1947 terhadap negara Indonesia yang sudah berdaulat.

Mengenal Overproud: Bangga Secara Berlebihan

Previous article

Bagaimana Cara yang Baik dalam Menyampaikan Kritik?

Next article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *