Home » Mie Instan Campur Nasi, Sehatkah?

Mie Instan Campur Nasi, Sehatkah?

Mie Instan Campur Nasi, Sehatkah?

Siapa sih yang nggak pernah makan mi instan, apalagi anak kosan atau perantauan. Kadang nih, ada sebagian orang yang makan mi instan kalau tidak pakai nasi rasanya kurang pas. Kurang kenyang gitu.

Atau juga ada yang makan mi instan tetapi sekali makan langsung 2 bungkus, biar kenyang. Pernah ga kepikir an apakah hal yang kamu lakukan itu baik bagi kesehatan atau tidak?

Apakah makan mi instan pakai nasi aman untuk kesehatan tubuh? Atau malah berbahaya bagi tubuh?

Risiko Jika Kamu Makan Mi Instan Pakai Nasi

Perlu diketahui, bahwa baik nasi maupun mi instan itu sama-sama memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Kalau terlalu sering mengkomsumsi mi dan nasi secara bersamaan maka akan berbahaya bagi kesehatan.

Pola makan yang seperti itu akan menyebabkan kelebihan kalori yang berasal dari karbohidrat. Jika terlalu banyak kalori dalam tubuh kamu, maka akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan, seperti obesitas atau kelebihan berat badan.

Seperti yang dikatakan ahli gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., mencampur dua jenis makanan itu akan menimbulkan efek yang kurang sehat bagi tubuh.

Di sisi lain makan mi instan dengan nasi juga akan meningkatkan hormon insulin. Karena ketika kamu makan mi instan pakai nasi dan karbohidratnya masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan mencerna menjadi gula dan meningkatkan hormon insulin.

Sebenarnya hormon ini berperan menciptakan energi dalam tubuh yang dihasilkan dari gula, tetapi kalau terlalu banyak gula dari karbohidrat, maka hormon insulin tidak bisa memproduksi semuanya. Sehingga sisa hormon insulin ini memicu diabetes.

Beberapa dampak buruk lain dari mengonsumsi nasi campur mi instan secara berlebihan yakni memicu kerusakan hati hingga menaikkan tekanan darah. Mie instan mengandung sodium yang meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Bila kebiasaan ini dilakukan dalam jangka panjang, bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Tips Makan Mi Instan Dengan Gizi yang Baik

Lalu bagaimana cara mengkomsumsi mi instan yang baik?. Sebenarnya dari sisi kesehatanpun gizi dari makan mi instan kurang mencukupi.

Tetapi, daripada kamu mencampur mi instan dengan nasi, sebaiknya kamu mencampur mi instan dengan sayur-sayuran, daging, dan juga telur ke dalam mi instan yang akan kamu makan. Beberapa sayuran yang direkomendasikan untuk dicampurkan ke dalam mi instan kita yakni Bok choy, Selada air, Bawang Bombay, dan jenis sayuran hijau lainnya.

Walaupun tidak sepenuhnya baik, akan tetapi kombinasi itu lebih baik daripada kamu mencampurkan nasi di dalam mi instan, dan memakannya secara bersamaan.

Sebenarnya konsumsi mi instan dengan nasi memang bukanlah kombinasi yang ideal. Karena sama-sama berkarbohidrat cukup tinggi.

Namun kembali ke kita lagi, kombinasi ini sah-sah saja asal pembakaran yang keluar seimbang dengan apa yang dikonsumsi. Jadi olahraga dan minum air putih itu harus, untuk menjaga kesehatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.