free page hit counter
Mengenal Lebih Dekat dengan Kabupaten Brebes

Kabupaten Brebes terletak di sepanjang pantai utara Laut Jawa, merupakan salah satu daerah otonom di Provinsi Jawa Tengah, memanjang keselatan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Banyumas. Sebelah timur berbatasan dengan Kota Tegal dan Kabupaten Tegal, serta sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat. Letaknya antara 6044’ – 7021’ Lintang Selatan dan antara 108041’ – 109011’ Bujur Timur. Jumlah penduduknya berdasarkan hasil Sensus Penduduk Indonesia tahun 2020 berjumlah 1.978.759 jiwa. Brebes merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk paling banyak di Provinsi Jawa Tengah, dan paling luas di Jawa Tengah ke-2 setelah Kabupaten Cilacap.

Kabupaten Brebes mempunyai luas wilayah sebesar 1.769,62 km2 yang terbagi menjadi 17 kecamatan. Kecamatan Bantarkawung adalah Kecamatan terluas dengan luas 208,18 km2. Sedangkan Kecamatan dengan luas wilayah paling kecil adalah Kecamatan Kersana sebesar 26,97 km2. Wilayah Kabupaten Brebes bagian selatansebagian besar terletak di dataran tinggi. Sedangkan wilayah bagian utara terletak di dataran rendah. Kecamatan tertinggi adalah Kecamatan Sirampog dengan ketinggian 875 m.

Menurut sejarahnya, Kabupaten Brebes memiliki asal-usul Namanya. Asal – usul nama Brebes terdapat beberapa pendapat mengenai nya. Diantara banyaknya pendapat tersebut ada yang berasal dari kata “Bara” dan “Basah, bara berarti hamparan tanah yang luas dan basah yang berarti banyak mengandung air. Hal tersebut cocok dengan keadaan daerah Brebes yang merupakan daerah luas yang berair. Karena perkataan bara ini diucapkan “bere” sedangkan basah diucapkan “besah” maka untuk memudahkannya diucapkan lah “Brebes”. Dalam Bahasa Jawa perkataan “Brebes atau mbrebes” berarti tansa meru banyune yang mempunyai arti “selalu keluar airnya”

Selain mengandung memori sejarah yang panjang mengenai penamaan Brebes. Kabupaten ini juga mempunyai banyak kesenian budaya yang diantaranya yaitu Seni Burok, Sintren, Dogdog Kaliwon, Kuntulan, Tari Topeng Brebes, dan Tari Topeng Sinok. Semua bentuk seni budaya tersebut merupakan kekayaan bangsa yang harus dibanggakan dan disyukuri.

Kabupaten Brebes juga dikenal sebagai kota bawang. Dimana masyarakat di Kabupaten Brebes mempunyai pekerjaan sebagai petani bawang merah. Tak heran bahwa Brebes dikenal sebagai kota bawang. Tidak hanya dikenal sebagai kota bawang, Kabupaten Brebes juga memiliki julukan yang populer yaitu kota telur asin. Menurut sejarahnya telur asin Brebes, berawal dari tradisi keturunan Thionghoa dalam mengawetkan bahan makanan, termasuk telur. Berasal dari tradisi, telur asin Brebes mulai dikenal sebagai ikon makanan khas daerah setelah dikomersialkan sejak tahun 1950-an.

Berbagai hal banyak terdapat di Kabupaten Brebes. Namun hal itu tidak dapat dijelaskan secara mendetail dalam tulisan ini. Harapannya dengan tulisan ini temen-temen dapat mengetahui lebih dekat tentang Kabupaten Brebes.

Karya, Moh Jafar (GENSAE)

Referesi

Leave a Reply

Your email address will not be published.