free page hit counter
Beberapa Fakta Menarik Hiasan Pohon Natal pada Perayaan Natal tahun 2022

Desember merupakan bulan ke-12 dalam kalender, yang artinya merupakan penghujung dari tahun 2022.  Bulan desember ini bergitu identik dengan perayaan Natal dan perayaan tahun baru. Suasana bulan ini pun seolah disulap dengan bermacam-macam dekorasi yang menghiasi berbagai sudut jalanan hingga di berbagai pusat perbelanjaan.

Perayaan Natal merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat Kristiani di Indonesia hingga di seluruh dunia. Di hari itulah umat Kristiani memperingati hari lahirnya Yesus Kristus. Tak heran umat Kristiani berbondong-bondong melakukan dekorasi yang unik dan menarik. Dekoresi yang menjadi kebiasaan dalam perayaan Natal yaitu pohon Natal.

Mendekorasi pohon Natal merupakan salah satu liburan yang dinantikan oleh seluruh manusia di seluruh dunia. Biasanya saat liburan Natal seluruh keluarga besar berkumpul untuk menciptakan momen berharga yang menjadi suatu tradisi secara turun menurun dari generasi ke generasi.

Namun apakah kalian tahu bahwa ide mendekorasi pohon Natal dimulai dari Jermar?

Yaps, ide mendekorasi pohon natal ini dimulai oleh negara Jerman. Tradisi menghias pohon Natal ini dimulai pada tahun 1605 dan menjadi budaya Jerman, kemudian pada tahun 1800-an seorang imigran yang berasal dari Jerman membawa tradisi tersebut ke Amerikaa dengan interepsi mereka sendiri.

Dilansir dari Pikiran-rakyat.com dari Chrismas HQ, terdapat fakta-fakta menaraik mengenai dekorasi pada pohon Natal semenjak tradisi ini muncul. Fakta-fakta menarik ini belum banyak orang mengetahuinya, berikut faktanya :

  1. Sebelum lampu Natal ditemukan, ternyata orang-orang di Jerman dan Amerika menggunakan potongan kertas timah sebagai bahan untuk memantulkan cahaya di dalam ruangan sehingga membuat pohon tampak berkilau.
  2. Set ornament plastic bundar yang menghiasi pohon Natal ternyata berasal dari Jerman yang dibuat oleh Hans Greiner pada tahun 1800-an. Kemudian pada abad ke-19, seorang yang Bernama FW Woolworth membawa ide tersebut ke Amerika dan berhasil menjual ornament lebih dari 25 juta dolar/tahun. Nah fakta menariknya, bentuk bulat yang berada pada pernak-pernik Natal itu berasal dari bentuk buah-buahan dan kacang-kacangan.
  3. Bintang yang berada di pucuk pohon Natal merupakan symbol dari kisah kelahiran Isa Almasih atau Yesus Kristus. Dalam kisahnya, terdapat tiga orang majus yang mengikuti bintang untuk sampai ke tempat lahirnya bayi Yesus.
  4. Dekoari permen tongkat pada pohon Natal memiliki cerita tersendiri, yakni pada tahun 1670 dibuatlah permen tebu yang berbentuk huruf “J” untuk membuat anak-anak duduk diam saat ibadah Natal berlangsung.
  5. Yang terakhir yaitu Hiasan malaikat pada pohon Natal merupakan salah satu bagian dari kisah agama Kristen yang melambangkan Malaikat Gabriel.

Dalam pohon Natal, berbagai ornamen telah mewakili kepentingan-kepentingan masing-masing keluarga, salah satunya sebagai bentuk representasi visual dari kenangan yang akan turun ke generasi selanjutnya.

 

Selanjutnya sebuah fakta menarik telah ditemukan bahwa, ornament kenangan-lenangan Hallmark (1973) yaitu sebuah ornament bola kaca dengan figuran benang yang telah diadopsi oleh seluruh dunia untuk menjadi ornament khas pada saat perayaan Natal.

Itulah fakta-fakta menarik mengenai Hiasan Pohon Natal. Kira-kira, dari kelima fakta tersebut kalian udah pada tahu semua ga ya??

 

Karya, Moh Jafar (GENSAE)

Leave a Reply

Your email address will not be published.