free page hit counter
Provinsi Jawa Tengah menjadi Provinsi Paling Banyak Memiliki Kota Toleran di Indonesia Tahun 2022

Gen Sae, tahu gak kalau Setara Institute mengeluarkan laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2022. IKT ini ditujukan untuk memberikan baseline dan status kinerja pemerintah kota dalam mengelola kerukunan, toleransi, wawasan kebangsaan dan inklusi sosial. Baseline ini akan menjadi pengetahuan bagi masyarakat, pemerintah dan berbagai pihak yang ingin mengetahui kondisi toleransi di 94 kota di Indonesia.

Studi ini ditunjukan untuk mempromosikan pembangunan dan pembinaan ruang-ruang toleransi di kota yang dilakukan oleh pemerintah kota setempat dan/atau didukung serta berkolaborasi bersama elemen masyarakat secara umum

Dalam studi tersebut, Setara Institute mengeluarkan 10 kota dengan skor toleransi tertinggi IKT 2022 dengan Jawa Tengah sebagai provinsi terbanyak yaitu 4 kota. Kota di provinsi Jawa Tengah tersebut adalah Kota Salatiga, Kota Surakarta, Kota Semarang, dan Kota Magelang.

Penilaiannya menetapkan 4 (empat) variabel yaitu:

  1. Regulasi Pemerintah Kota Indikator
  2. Regulasi Sosial Indikator
  3. Tindakan Pemerintah Indikator
  4. Demografi Sosio-Keagamaan Indikator

Studi Indeks Kota Toleran juga merekomendasikan beberapa hal untuk menjadi evaluasi dan pertimbangan agar tahun 2023 bisa lebih baik lagi dalam upaya menjaga dan merawat toleransi. Berikut rekomendasinya :

  1. Perbaikan peraturan perundang-undangan di tingkat pusat
  2. Penetapan skema kualifikasi kepemimpinan untuk pemimpin daerah
  3. Kolaborasi kerja antar pemerintah kota, yang difasilitasi oleh pemerintah pusat
  4. Kampanye kearifan lokal dan budaya yang menjunjung toleransi dan kerukunan.
  5. Penguatan kelompok masyarakat sipil
  6. Pengarusutamaan tata kelola inklusif di tingkat pusat dan daerah yang mendukung terwujudnya kesetaraan, partisipasi, dan toleransi

Yuk, Gen Sae. Kita bersama-sama menjaga dan merawat toleransi khususnya di Jawa Tengah. Salah satu caranya bisa dengan mendukung, merekomendasikan, memberi saran dan masukan untuk Duta Damai Jawa Tengah. Sehingga kedepannya kita semua semakin bisa dan semakin gayeng untuk menjaga posisi bahkan menaikan ranking yang sudah dicapai Provinsi Jawa Tengah melalui kota toleran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.