free page hit counter

Bagi kaum muslim mungkin sudah tidak asing mendengar kata zakat, karena setiap tahun kita telah melakukannya khususnya pada saat idul Fitri. Jika dilihat dari pengertian Zakat ialah merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim yang mampu. Zakat bukan hanya kewajiban, tetapi juga hak bagi kaum fakir miskin dan asnaf lainnya. Zakat memiliki banyak manfaat, baik bagi yang menunaikan maupun yang menerimanya.

Coba kita pelan pelan memahami apa sebenarnya manfaat Bagi yang menunaikan zakat, pertama sadar ataupun tidak dengan berzakat kita sebenarnya telah membersihkan harta dari hak orang lain karena Zakat sejatinya membersihkan harta dari hak orang lain yang menempel pada harta tersebut. Hal ini penting untuk menjaga kesucian harta dan keberkahannya. Kedua, Meningkatkan rasa Syukur : Menunaikan zakat dapat meningkatkan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Dengan berzakat, kita diingatkan bahwa semua yang kita miliki adalah titipan Allah SWT dan harus dibagikan kepada yang membutuhkan. Ketiga, Meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT : Menunaikan zakat merupakan bentuk ketaatan kepada Allah SWT dan rasul-Nya. Dengan berzakat, kita menunjukkan rasa tunduk dan patuh kepada perintah Allah SWT. Keempat Mendapatkan pahala yang berlipat ganda : Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi orang-orang yang berzakat. Sudah cukup jelas bukan apa saja manfaat dari berzakat, mungkin dalam benak temen-temen sedang berkata : mugo adewe nduwe harga seng cukup ben iso zakat, lha gimana endak gitu wong berzakat yo butuh modal jee. Kalau sampean beneran sedang memikirkan hal itu berarti sampean beneran kurang mampu. Tapi saya berharap tulisan ini dibaca oleh kaum-kaum elite yang mampu, mampu dalam arti siap membersihkan hartanya dengan jalan berzakat, ataupun lewat bersedekah.

Sebab banyak manfaat bagi yang akan  yang meneriman zakat tersebut, pertama, dengan menerima bantuan zakat tentu akan Membantu meringankan beban hidup, Zakat dapat membantu meringankan beban hidup kaum fakir miskin dan asnaf lainnya. Dengan zakat, mereka dapat memenuhi kebutuhan pokoknya dan hidup dengan lebih layak. Kedua, meningkatkan taraf hidup : Zakat dapat membantu meningkatkan taraf hidup kaum fakir miskin dan asnaf lainnya. Dengan zakat, mereka memiliki akses terhadap pendidikan, kesehatan, dan layanan lainnya. Ketiga dapat mewujudkan keadilan social : Zakat dapat membantu mewujudkan keadilan sosial dengan mendistribusikan kekayaan secara merata kepada seluruh lapisan masyarakat. Bukan kedamaian akan terbangun jika kita melihat kanan kiri kita turut merasakan apa itu kesetaraan hidup, apa itu keadilan Pendidikan, dan keadilan sosial terlepas dari latar belakang orang tersebut. Ini semata-mata melanjutkan apa yang diamanatkan pendahulu kita termasuk agama yang selama ini kita Yakini juga tidak henti-hentinya memasifkan hal tersebut.

Mari Tunaikan Zakat Kita! Zakat bukan hanya kewajiban agama, tetapi juga tanggung jawab sosial kita. Dengan menunaikan zakat, kita dapat membantu sesama dan mewujudkan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera. Tunaikan zakat Anda melalui lembaga terpercaya salah satunya adalah seperti Lazismu Jawa Tengah. Lazismu Jawa Tengah merupakan lembaga zakat terpercaya yang dikelola secara profesional, transparan, dan akuntabel. Lazismu Jawa Tengah memiliki banyak keunggulan, antara lain Lazismu Jawa Tengah telah mendapatkan akreditasi A dari Baznas, yang merupakan bukti kredibilitas dan profesionalitas dalam pengelolaan zakat. Lazismu Jawa Tengah memiliki jaringan yang luas di seluruh Jawa Tengah, sehingga memudahkan Anda untuk menunaikan zakat. https://www.lazismujateng.org/ Telepon: (024) 7641717

 

Slamet Ginanjar (Mahasiswa Pascasarjana UNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.