free page hit counter

Jumat, 28 Juni 2024, telah ditemukan sosok mayat laki-laki di fly over Cimindi, Bandung. Jawa Barat. Dengan kondisi mata dan mulut tertutup lakban, polisi mengatakan tidak ada tanda-tanda kekerasan. Ditemukan pula surat wasiat bahwa saat dia telah tiada nanti agar dibawa ke sebuah rumah sakit tempat orang tuanya bekerja.

Satu lagi sebuah wasiat yang trending di aplikasi X. Mengenai kondisinya sebagai seorang minoritas di kawasan mayoritas yang merasa dikesampingkan. Penulis tidak dapat menilai dan mengetahui kondisi pastinya, tetapi berikut yang penulis tangkap dari wasiat mendiang adalah hidupnya berliku-liku. Seperti roda yang terus berputar. Mendiang adalah anak kuat, tetapi sepertinya memang tekanan dari lingkungan menyebabkan luka di masa kecil yang dia bawa hingga dewasa.

Perlu ditandai, di sini penulis tidak akan menilai ini adalah tindakan yang patut disalahkan. Penulis berharap bahwa pembaca akan lebih peduli kepada semua manusia dari lapisan manapun selayaknya arti dari makhluk sosial.

Mendiang menceritakan kisah hidupnya sejak kecil, yang juga kerap kali mendapatkan tindakan yang menyakitkan dari teman sekitarnya. Berpura-pura menjadi pribadi lain agar memiliki teman. Seorang yang merasa kesepian, ketergantungan akan kehadiran orang lain. Bahkan untuk menangis sebagai luapan emosi yang dia pendam juga ditahan.

Hingga mengakhiri hidup menjadi pilihannya.

Dari beberapa data, tingkat kesehatan mental yang masih dianggap sepele membuat para penderitanya terlambat mendapatkan pertolongan. Begitu juga dengan harga yang perlu dibayarkan cukuplah mahal bagi kalangan masyarakat ekonomi ke bawah. Belum, stigma mengenai gangguan mental mendapat nilai negatif di mata masyarakat.

Mungkin sudah banyak berita kematian akibat bunuh diri di tahun ini, yang kebanyakan didominasi oleh gangguan kesehatan mental.

Penulis berharap bahwa kedepannya kita lebih memperhatikan keadaan sekitar, mulai menerima pendapat orang lain, mendengar, dan tidak menilainya dengan gegabah sehingga memunculkan sakit hati pada salah satu pihak atau kelompok.

Sesuai dengan sila ke-3 tentang persatuan, sudah seharusnya kita menghargai setiap pendapat dan menghargai agar terciptanya persatuan ini.

 

Penulis : Abnani Azizah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.