Home » Mengenal Bajingan, Si Manis dari Temanggung

Mengenal Bajingan, Si Manis dari Temanggung

Mengenal Bajingan, Si Manis dari Temanggung

Temanggung adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Sebagian besar wilayah Kabupaten Temanggung terdiri dari dataran tinggi dan pegunungan. Yang merupakan bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Dieng.

Di kabupaten ini, terdapat dua gunung yang cukup terkenal di kalangan para pendaki, yakni Gunung Sindoro dan Sumbing. Dengan kondisi geografisnya, tak heran bila iklim di daerah itu sangat sejuk, bahkan cenderung dingin.

Dan ngomongin makanan khas Temanggung, maka salah satu yang tidak bisa dilewatkan adalah Bajingan. Buset, namanya kasar betul.

Eiitsss.. kalem bro. Meskipun namanya terdengar kasar, bajingan merupakan panganan yang memiliki tekstur halus dan rasa yang manis.

Bahan dasar makanan bernama unik ini adalah singkong berkualitas baik yang dimasak dengan gula merah, santan kental, dan daun pandan.

Dikutip dari Liputan6.com, Sri Jariati seorang warga lokal Temanggung pembuat bajingan menuturkan, bahwa tidak semua jenis singkong dapat diolah menjadi bajingan. Hanya singkong empuk yang dapat dipilih sebagai bahan baku.

Menurut Sri Jariati, singkong empuk dapat diperoleh dari petani atau pedagang tangan pertama. Biasanya, hanya ketela pohon di lahan yang subur, seperti sawah atau ladang dengan curah hujan cukup tinggi, yang dapat menghasilkan bahan baku bajingan berkualitas tinggi.

Meski cita rasa bajingan didominasi rasa manis yang legit di lidah. Namun dalam proses pembuatannya, garam tetap diperlukan. Hal itu supaya tetap terdapat cita rasa gurih yang semakin membuat nikmat saat menyantapnya.

Si Manis yang Bikin Kenyang dan Bahagia
Cita rasanya yang manis dan gurih, membuat kudapan ini memiliki banyak penggemar. Bajingan sangat nikmat jika disantap dalam keadaan hangat di pagi atau sore hari.

Apalagi, jika menyantapnya ditemani dengan secangkir kopi atau teh yang tidak terlalu manis untuk mengimbangi rasa bajingan yang sudah sangat manis. Beuhh, sungguh kenikmatan yang luar biasa.

Bagi sebagian orang, bajingan dapat membantu mengembalikan suasana hati yang tengah sedih. Sebab, asupan gula yang terdapat dalam makanan manis bisa merangsang pelepasan hormon dopamin dan bagian otak yang disebut nucleus accumbens.

Kedua faktor ini menimbulkan perasaan bahagia yang kuat. Selain itu, asupan gula juga memicu pelepasan hormon serotonin. Hormon ini memberikan efek yang menenangkan sehingga sedih terasa mereda. Efek inilah yang menimbulkan kesan seolah makanan manis dapat mengatasi sedih.

Sesama kudapan manis, bajingan bisa dikatakan bersaing dengan coklat, makanan mahal yang dipercaya mampu membuat pengonsumsinya merasa bahagia karena mengandung tryptophan dan phenylethylalanine.

Leave a Reply

Your email address will not be published.