free page hit counter

Kecamatan Kaliwungu terletak di bagian timur Kabupaten Kendal, berada di paling pojok yang menjadi pembatas wilayah antara Kendal dengan Semarang. Bahkan  Kecamatan Kaliwungu sering dikira kota oleh beberapa wisatawan. Hal ini disebabkan banyaknya keistimewaan yang ada di Kecamatan Kaliwungu, seperti julukan kota santri yang terkenal dari album lagu yang dibawakan oleh grup qasidah Nasida Ria; tradisi-tradisi yang masih lestari; hingga terdapat beberapa destinasi wisata yang bisa dinikmati.

Sepanjang jalan sekitar alun-alun Kaliwungu atau yang biasa dikenal Pasar Sore, terdapat banyak pedagang kaki lima dan toko jajanan maupun kuliner yang bisa dibeli oleh wisatawan. Ketika jalan-jalan dan nongkrong di Pasar Sore seringkali mendapati santri yang sedang lewat entah akan beli makanan ataupun hanya sekedar jalan. Hal tersebut menjadi bukti bahwasannya ada banyak pondok pesantren yang terbangun di Kecamatan Kaliwungu. Tidak hanya itu yang menjadikan Kaliwungu mendapat julukan kota santri. Banyaknya tokoh-tokoh agama Islam (Ulama) yang berasal dari Kaliwungu seperti Kiai Guru, Kiai Asy’ari, Kiai Sunan Katong, Mbah Kiai Rukyat, KH Dimyati Rois, dan masih banyak lagi.

Kaliwungu menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat luar daerah yang ingin berziarah. Tempat makam para Kiai dan Ulama Kaliwungu terletak di Wisata Religi Bukit Jabal, yang biasanya ramai penziarah satu minggu setelah lebaran idul fitri. Masyarakat Kaliwungu menyebut tradisi ziarah setelah hari raya idul fitri di makam-makam tokoh agama maupun kerabat terdekat dengan sebutan “Syawalan”. Syawalan sendiri merupakan salah satu tradisi dari banyaknya tradisi di Kaliwungu, istimewanya tradisi ini yaitu tidak hanya masyarakat asli Kaliwungu yang meramaikan melainkan banyak penziarah yang tidak hanya dari Kabupaten Kendal ikut merayakan tradisi ini.

 

Sumber : Uyun, F. S. N. N. (2018). Keberadaan Ajaran Bathara Katong di Kaliwungu Kendal. Sutasoma: Jurnal Sastra Jawa6(2).

https://www.rumahpenulis.com/jejak-para-ulama-kaliwungu-kendal/

 

Penulis : Satrio Dewangga (@satriodewangga__ )

Desain : Ninda Munaya @‌ninmusah

credit gambar : Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published.