free page hit counter

Warung NKRI Digital atau “wadah akur rukun usaha nurani gelorakan NKRI” merupakan salah satu program bentukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) yang dibentuk sebagai salah satu program pencegahan radikalisme dan terorisme di Indonesia. Warung NKRI awalnya dibentuk BNPT untuk mempertemukan para penyintas terorisme dan mitra deradikalisasi yang telah kembali ke NKRI agar terjadi perdamaian atas masa lalu yang pernah terjadi.

Dalam peresmian salah satu warung NKRI Digital pada hari kamis, tanggal 2 mei 2024 di Kantor Kesbangpol Kota Salatiga, Jawa Tengah. Dihadiri langsung oleh Deputi 1 Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT RI Mayjen TNI Roedy Widodo dan juga aparat pemerintahan kota salatiga.

Dalam sambutanya Deputi 1 mengatakan bawasanya Warung NKRI Digital tidak hanya sekadar warung, tapi secara akronim ada singkatanya yakni wadah akur rukun usaha nurani gelorakan NKRI demi Indonesia tegakkan informasi teknologi secara aman dan lancar. Artinya Warung NKRI Digital bukan sekadar warung buat sekadar ngopi dan duduk-duduk santai, tapi dalam kenyataannya sebagai tempat berkumpul ngobrol pintar, ngobrol ringan ala kebangsaan, terkait bagaimana Indonesia atau khususnya Kota Salatiga bisa aman damai harmoni.

Lanjutnya beliau menjelaskan bawasanya Warung NKRI Digital ini memiliki 3 menu utama yaitu terdapat KOPI (Kerukunan Obat Persatuan Indonesia), GULA (Gotong Royong Untuk Lingkungan Aman), dan TEH (Toleransi Empati Harmoni). Sedangkan akronim Digital adalah Demi Indonesia, Gerakan Informasi & Teknologi yang Aman dan Lancar.

“Intinya Warung NKRI Digital ini adalah sebagai wadah untuk mendukung digitalisasi dalam rangka penyebaran informasi dalam penanggulangan radikal terorisme,” jelasnya.

Bersamaan dengan peresmian Warung NKRI DIgital Kesbangpol Kota Salatiga, juga diresmikan Omah Ngopi, Rumah Kebangsaan, dan Kick-Off Penyusunan Rencana Aksi Daerah Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan Dalam Penanggulangan Terorisme di Kota Salatiga.

Untuk itu, Deputi 1 BNPT mengucapkan banyak terima kasih dan memberikan apresiasi tinggi atas kepedulian dan semangat seluruh pihak, khususnya Pemerintah Kota Salatiga dan jajarannya, terutama Kesbangpol Kota Salatiga dalam melakukan berbagai upaya pencegahan radikal terorisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published.