Connect with us

Hari Lahir Soekarno dan Sejumlah Peristiwa Bersejarah pada 6 Juni

Internasional

Hari Lahir Soekarno dan Sejumlah Peristiwa Bersejarah pada 6 Juni

Hari Lahir Soekarno dan Sejumlah Peristiwa Bersejarah pada 6 Juni

DUTADAMAIJAWATENGAH.ID – Beragam perisitiwa bersejarah terjadi pada 6 Juni, salah satunya lahirnya sang proklamtor kemerdekaan Indonesia Soekarno. Soekarno merupakan Presiden pertama Indonesia.

Soekarno lahir dengan nama lengkap Koesno Sosrodihardjo pada 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur. Peristiwa tersebut menjadi salsatu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-157—hari ke-158 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 6 Juni.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, dihimpun dari Solopos.com, Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

1513

Pertempuran yang melibatkan pasukan Prancis dan pasukan Swiss meletus di dekat Novara, sebelah utara Italia. Dalam pertempuran tersebut, pasukan Swiss berhasil menang dan mengusir pasukan Prancis dari kawasan Novara dan Milan. Massimiliano Sforza kembali menjabat sebagai pemimpin Milan setelah sempat digulingkan pasukan Prancis.

1644

Pasukan Dinasti Qing di bawah pimpinan Kaisar Shunzhi merebut Kota Beijing di China dari tangan Dinasti Ming. Peristiwa tersebut menjadi awal runtuhnya Dinasti Ming dan awal berjayanya Dinasti Qing di China.

1808

Kakak dari Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte, Joseph Bonaparte, dinobatkan sebagai raja di Spanyol. Ia memimpin Spanyol sampai 1813 setelah dirinya mengundurkan diri karena kerjaan yang ia pimpin mengalami kemunduran. Setelah turun takhta, banyak yang menduga Joseph tinggal di benua Amerika.

1946

National Basketball Association (NBA) didirikan pertama kali pada tahun ini. NBA merupakan liga bola basket pria di Amerika Serikat. NBA juga menjadi liga basket paling bergengsi di dunia.

NBA didirikan di New York City pada 6 Juni 1946 dengan nama Basketball Association of America (BAA). Pada saat ini, di kompetisi NBA, terdapat 30 klub yang masing-masing berpusat di satu kota, kecuali Los Angeles yang mempunyai dua tim, yaitu Los Angeles Lakers dan Los Angeles Clippers.

1913

Kaisar Bizantium Alexander III meninggal dunia karena kelelahan saat bermain tzykanion, sejenis permainan polo di Kekaisaran Bizantium. Ia lantas digantikan keponakannya yang masih berusia delapan tahun, yakni Konstantinus VII.

1901

Koesno Sosrodihardjo dilahirkan di Surabaya, Jawa Timur, Hindia Belanda atau kini Indonesia, sebagai putra dari pasangan Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Pria dengan nama lahir Koesno itu kemudian dikenal sebagai Soekarno, presiden pertama Indonesia yang menjabat sejak 18 Agustus 1945 sampai 12 Maret 1967.

1944

Setelah dibombardir menggunakan pesawat tempur milik Inggris, tembok pertahanan Jerman di kawasan pantai di Normandia yang disebut dengan Tembok Atlantik diserbu lebih dari 150.000 tentara Sekutu. Penyerbuan itu disebut dengan Operation Overlord atau Operasi Maharaja. Presiden Amerika Serikat (AS) Dwight D. Eisenhower menjadi komandan dalam penyerbuan itu. Dalam penyerbuan tersebut, Jerman menelan kekalahan dengan kehilangan ratusan ribu tentaranya yang tewas dan hancurnya ribuan alat tempur yang dimiliki.

1971

Pertempuran Long Khanh meletus di Provinsi Long Khanh, Vietnam Selatan. Pertempuran itu melibatkan pasukan Australia dan pasukan Vietnam Utara. Pasukan Australia berhasil menang dalam pertempuran tersebut setelah pasukan Vietnam Utara menarik diri dari Provinsi Long Khanh.

1975

Regu putri Indonesia untuk kali pertama berhasil meraih gelar juara dalam ajang bulu tangkis bergengsi khusus wanita, Piala Uber. Dalam ajang Piala Uber yang juga kali pertama digelar di Jakarta itu, Indonesia menang atas Jepang di laga final dengan skor 5-2. Regu Indonesia yang menjuarai Piala Uber untuk kali pertama tersebut terdiri atas Theresia Widiastuti, Imelda Wigoena, Utami Dewi, Tati Soemirah, Minarni Soedaryanto, dan Regina Masli.

1982

Perang Lebanon meletus setelah pasukan Israel menyerang kawasan Lebanon bagian selatan. Serangan Israel itu akhirnya meluas hingga kawasan Lebanon bagian utara. Perang tersebut berlangsung selama kurang lebih tiga tahun. Meski perang berlangsung cukup lama, Israel gagal menunaikan misinya mencaplok beberapa kawasan di Lebanon.

2002

Asteroid berjarak sangat dekat dengan bumi yang diperkirakan berdiameter 10 meter meledak di atas Laut Tengah, dekat Yunani dan Libya. Ledakan yang dihasilkan diperkirakan berkekuatan 26 kiloton. Ledakan itu lebih dahsyat dibanding ledakan bom nuklir di Nagasaki, Jepang pada 1945 silam. Kejadian itu dikenang dengan nama Peristiwa Mediterania Timur.

 

Artikel ini pertama kali terbit di okezone.com dengan judul Hari Lahir Soekarno dan Sejumlah Peristiwa Bersejarah pada 6 Juni pada pranala berikut https://nasional.okezone.com/read/2020/06/06/337/2225469/hari-lahir-soekarno-dan-sejumlah-peristiwa-bersejarah-pada-6-juni

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top