Connect with us

5 Anime dan Tokusatsu Yang Membuatmu Belajar Menebar Perdamaian Tanpa Kekerasan

Budaya

5 Anime dan Tokusatsu Yang Membuatmu Belajar Menebar Perdamaian Tanpa Kekerasan

Jika bicara perdamaian dunia, maka jelas belum sepenuhnya dunia ini benar-benar damai. Masih banyak di bagian bumi yang kita belum tahu sering terjadi konflik. Entah itu perang saudara, terorisme, hingga kekerasan berbalut agama atau suku. Namun sayangnya masih banyak yang memilih jalur kekerasan untuk menciptakan perdamaian.

Tentu, diperlukan berbagai cara kreatif untuk menyebarkan nilai perdamaian. Salah satu diantaranya adalah tayangan hiburan. Namun disini coba saya kerucutkan dua jenis hiburan anak-anak yang dibuat di Jepang yakni anime dan tokusatsu.

Enam anime dan tokusatsu ini hanya sebagai pembuka saja. Kedepannya akan saya coba tuliskan lebih mendalam tentang cerita secara umum dan nilai perdamaian yang bisa kita pelajari dengan anime atau tokusatsu ini.

1. Samurai X

Berkisah tentang Himura Kenshin, mantan pembunuh di perang besar pada masa restorasi di Jepang. Kenshin banyak membunuh orang terutama yang menentang restorasi. Hingga ia mendapat julukan “Hittokai Battosai”, karena kesadisannya dalam membunuh musuhnya.

Pasca perang, Kenshin memilih mengembara selama 10 tahun agar mengembalikan kemanusiaannya. Setelah perjalanan panjang, dia pun mengganti pedangnya menjadi pedang bermata terbalik. Yang mana sisi tumpul pedang yang digunakan untuk melawan musuhnya. Dengan pedang ini, musuh yang dihadapi Kenshin tidak ada yang bisa terbunuh.

Tentu sikap Kenshin ini yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahwa tidak selamanya berbagai permasalahan diselesaikan dengan cara membunuh. Apalagi kalau bisa dibicarakan baik-baik. Ya kan?

2. Naruto

Siapa yang tak kenal dia? Ya karakter yang terkenal dengan dua jurus seribu bayangan dan juga rasengan ini sering menerapkan nilai perdamaian. Setiap menghadapi musuhnya, hampir semua musuhnya ia ajak bicara dulu.

Pertanyaan dan Pernyataan seperti, “Kenapa kau melakukan ini?”, “Memang berat, tapi tidak harus mengancam nyawa orang” sering ia keluarkan di depan musuhnya. Termasuk kepada Obito yang secara tak langsung menjadi penyebab kematian ayah dan ibunya. Padahal, bisa saja ia bunuh musuhnya dengan kekuatan Kurama atau Kyubi dalam tubuhnya. Tapi ia memilih berbicara dengan musuhnya dahulu.

3. Aldnoah Zero

Aldnoah Zero berkisah tentang dua planet yang saling berperang, yakni planet bumi dan mars. Meskipun menurut sejarahnya, orang mars juga berasal dari bumi. Beberapa karakter seperti Vers Allusia, dan Kaizuka Inaho menerapkan nilai perdamaian seperti karakter sebelumnya yang menerapkan perdamaian tanpa jalur kekerasan.

Vers Allusia yang merupakan putri dari kerajaan besar di planet mars memutuskan untuk mengunjungi bumi untuk mengajak rekonsiliasi damai pada penduduk bumi. Meskipun akhirnya usaha ini digagalkan oleh orang dari planetnya sendiri.

Sedangkan Inaho, seorang siswa cerdas memilih menggunakan robot latih tanpa senjata ofensif untuk melawan musuhnya. Ia lebih sering menggunakan sejenis senjata pelumpuh atau bom asap. Berkat kecerdasannya, berbagai strategi untuk melawan orang mars yang persenjataannya lebih lengkapmenjadi efektif. Dan tentu saja dengan korban yang minim.

4. Ultraman Cosmos

Berbeda dari tiga anime sebelumnya, kali ini kita bahas salah satu tokusatsu yakni ultraman. Salah satu ultraman yang cukup melegenda adalah Ultraman Cosmos. Bagaimana tidak? Dalam menghadapi musuhnya yang monster, ia seringkali memilih jalur tanpa menimbulkan kerusakan apalagi membunuh musuhnya.

Diantaranya seperti mempertemukan sang monster dengan keluarganya, membantu mengistirahatkan musuhnya, dan beberapa cara lain. Ia selalu mengupayakan cara-cara tanpa kekerasan agar bumi dan monsternya sama-sama tidak merusak bumi lebih lanjut.

5. Trigun

Dalam anime ini, sang karakter utama hampir seperti Kenshin di Samurai X. Meskipun menggunakan pistol dan punya tampang nyeremin, Vash the Stampede tidak pernah membunuh musuhnya. Dan hanya mencederai lawannya. Ia juga senang membantu orang lain.

Itulah lima judul anime dan tokusatsu yang bisa kita pelajari untuk menciptakan perdamaian tanpa kekerasan. Kelima judul diatas dapat teman-temen tonton juga buat menemani teman-teman selama dirumah aja. Ciao~

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top