Connect with us

Mengenal BNPT TV, Platform Baru Pencegahan Radikalisme dan Terorisme

Entertainment

Mengenal BNPT TV, Platform Baru Pencegahan Radikalisme dan Terorisme

Pesatnya perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi membuat berbagai lini untuk bisa berinovasi serta beradaptasi. Termasuk bagi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). BNPT membentuk sebuah platform digital bernama BNPT TV Channel, yang akan menampilkan konten-konten kreatif sebagai bentuk soft approach guna menangkal ancaman radikal terorisme.

BNPT TV Channel merupakan platform digital berbasis website dan aplikasi, yang bisa dinikmati secara gratis, melalui www.tv.bnpt.go.id. Tersedia juga versi aplikasi BNPT TV Channel di Google Play Store untuk perangkat berbasis Android, dan sebentar lagi akan tersedia di Apps Store untuk perangkat berbasis iOS.

Dilansir dari Suara, Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar., M.H.menyatakan bahwa ancaman dari radikal terorisme kini masuk ke kehidupan masyarakat terutama melalui dunia maya.

“Untuk itu, kita juga harus melakukan upaya-upaya penanggulangan di sana. Kita sebarkan narasi-narasi kebangsaan yang mengangkat nilai-nilai luhur Pancasila, melalui konten-konten kreatif.” tandas Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar.

BNPT TV Channel terdiri atas berbagai jenis program yang disampaikan dengan berbagai cara. Mulai yang bertema serius hingga santai dan dekat dengan kita. Yuk kita kenalan lebih lanjut sama program-program yang ada di BNPT TV Channel.

BNPT Update

Dibawakan oleh seorang presenter program ini akan menayangkan kegiatan dan informasi dari badan Nasional penanggulangan terorisme.

Indonesia Bercerita

Program ini akan memperlihatkan berbagai kekayaan alam, budaya dan keharmonisan masyarakat Indonesia sehingga dapat meningkatkan rasa cinta tanah air Indonesia. Program ini juga akan menampilkan kegiatan dari Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) namun dikemas dengan alur cerita yang menarik.

Garda Merah Putih

Program ini akan menampilkan simulasi penanganan pelaku terorisme yang memperlihatkan aksi para petugas di lapangan. Terutama dalam pendekatan militer.

Incognitalk

Program ini akan menampilkan wawancara host dengan bintang tamu tokoh-tokoh anti radikal terorisme dibawakan dengan santai, tapi tetap informatif dan inspiratif 

Kopi Toleransi

Mendatangkan bintang tamu ahli di berbagai bidang serta pejabat BNPT, program ini akan menampilkan talkshow yang santai namun tetap informatif.

Jejak Baik

Bekerjasama dengan Duta Damai Dunia Maya BNPT yang berperan sebagai host, program ini akan membawa kita untuk melakukan perjalanan menemui tokoh-tokoh inspiratif yang membagikan pesan-pesan kebaikan di sekitar kita

Di Ujung Batas

Program ini menampilkan situasi penjagaan di perbatasan antar negara yang rawan terhadap masuknya paham radikalisme dan penyelundupan materi-materi yang mendukung aksi terorisme 

Buah Karya

Mantan narapidana terorisme seringkali mendapatkan negatif ketika mereka kembali ke masyarakat. Melalui program ini, salah satu program yang dimiliki BNPT yakni program deradikalisasi yang bertujuan untuk memberikan ruang kehidupan baru bagi para mantan narapidana untuk menjamin kesejahteraan ekonomi mereka dan memberikan kesempatan kedua untuk kembali ke NKRI dan Pancasila

Dari Lapas

Program ini akan menampilkan situasi warga binaan mulai dari kegiatan pelatihan di balai latihan kerja, pemindahan napi, pembebasan mereka.

Clickbait

Dibawakan oleh duo komedian, program ini akan membahas isu-isu terkini seputar terorisme yang sedang diperbincangkan di media sosial dengan gaya lawakan namun tetap mengandung informasi dan mudah diterima masyarakat

Film Pendek

Berbicara tentang platform digital, maka tak lepas dengan tema drama. Drama mampu menyampaikan pesan yang lebih mudah melekat di ingatan penonton. Program ini juga untuk meningkatkan penonton dari kelompok usia anak muda atau milenial

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top