Connect with us

Kapan Lagi Membawa Berkah Dengan Jihad Melalui Cinta Tanah Air

Agama

Kapan Lagi Membawa Berkah Dengan Jihad Melalui Cinta Tanah Air

Melihat fenomena sekarang banyak orang mengatakan bahwa tentang sebuah kata jihad ? apa makna yang yang tekandung dalam jihad tersebut menurut kalian?.Terkadang arti kata jihad disalah artikan,dalam realita sekarang makna jihad dalam kalangan oknum radikalis yang berfaham khawarij itu menurutnya jihad dengan memerangi pemerintah mereka mengagap bahwa tidak boleh menyembah pemeritnah dalam artian thogut. Menurutnya berjihad dengah thogut itu halal,apa kalian tahu apa makna thogut yang arti yang sebenarnya.

Mari menilik tentang Thaghut dari segi etimologi berarti “melampaui batas.” Dari segi terminologi, thaghut mempunyai beberapa pengertian sesuai pendapat para ulama: setan, al-kahin (dukun), tandingan-tandingan selain Allah, berhala-berhala, dan segala sesuatu yang dengannya seorang hamba melampaui batas, baik berupa yang diibadahi, yang diikuti, atau yang ditaat.mereka mengangap bahwa melawan kepada pemerintah itu hal baik dan mendapat pahala yang besar . namun meraka mengingari tentang ayat an nisa 59 yang memiliki arti.

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

Seperti yang tertera dalam Surah An-Nisa 59 kita di perintahkan untuk mentaati pemerintah yang saat itu sedang berkuasa, kembali ke topik sebuah cinta tanah air dalam kontek cinta tanaih air kita membela indonesia dengan segenap jiwa dan raga yang untuk sebuah kebanggan dari dalam diri.

Grand Mufti Mesir, Syaikh Ali Jum’ah mengatakan bahwa cinta tanah air adalah fitrah kemanusiaan yang diakui oleh Islam dan merupakan dasar untuk membangun masyarakat. Dengan fitrahnya manusia telah membentuk cinta kepada tanah airnya dan perasaan untuk senantiasa membelanya. Dan ketika Islam datang tidak lantas memutus kecenderungan itu tetapi mengakui dan menyerukannya, serta menjadikannya sebagai cara untuk melakukan amal kebajikan, perbuatan-perbuatan baik, dan memperkuat tali persaudaraan di antara putra-putri bangsa.

Cinta tanah air tercermin dalam sejarah para nabi dan rasul, di mana mereka mencintai tanah airnya melebihi cinta mereka pada diri sendiri. Rasulullah Saw. sendiri telah memberikan contoh terbaik mengenai hal ini ketika beliau pergi dari Makkah untuk hijrah ke Madinah. Beliau berpaling kepadanya dan menyatakan perasaannya, “Kau adalah negeri terbaik yang sangat aku cintai. Kalau tidak karena kaumku mengusirku darimu, aku tidak akan tinggal di tempat lain selainmu.” Kata-kata ini menunjukkan ketulusan cinta beliau kepada tanah air tempat beliau dilahirkan dan dibesarkan”.

Disebutkan perkataan dari Grand Mufti Mesir memperkuat tali persaudaraan di antara putra-putri. Tetera kalimat memperkuat tali persaudaraan dalam hal ini sebagai warga negara Indonesia harus saling menjaga rasa persaudaraan dalam antar perbedaaan.Sebagai warga negera mari kita melihat contoh-contoh jihad dengan melalui cinta tanah air,yaitu seorang siswa yang mengikuti upacara disekolah dalam hal ini anak kecil tersebut sudah memiliki rasa banga terhadap cinta tanah air.tidak mersak fasilitas negara melihat banyak pengrusakan pengengrusakan halte tempat fasilitas yang lainnya.apakah mereka yang merusakfasiltas ini menyadari bahwa merusak faslitias ini juga membuat sebuah pembebanan negara untuk merenovasi hal kerusakan tersebut ini.Sebagai contoh jihad terhadap mencintai negara Indonesia dan menjaga merawat serta mengamankan fasilitas umum itu sebuah contoh mejaga kesetabilitan negara.

Sebuah contoh lain tentang sebuah cinta tanah air yaitu sebagai berikut ada seorang yang bernama sebut saja aa dan ab dalam hal ini mereka memiliki hobi yang sama yaitu mengoleksi baju baju namun ada yang unik diantara 2 orang tersebut aa mengoleksi baju baju yang berasal dari produk jawa tengah dan si ab mengoleksi baju baju yang berasal dari kalimatan barat dalam hal ini mereka memiliki sebauh perbedaan yang antar satu dengan yang lain-nya dan mereka memiliki kesamaan yang unik yaitu banga terhadap produk produk dari dalam negeri ini merupakan sebah keberkahaan bagi para pedagang lokal untuk berkembang di kedepannya itu merupakan contoh jihad yang menguntungkan umkm. itu salah beberapa contoh jihad tanah air yang menguntungkan negri indonesia ini.

Manakah yag akan kalian akan terapkan dalam hal membawa jihad untuk cinta tanah air?

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top