Plus-PlusViral

Fitur Baru Reels dan Fitur Instagram Lainnya

Perkembangan dan inovasi teknologi terus dilakukan, terkhusus pada platform media sosial yang terus melakukan pengembangan dan inovasi pada produk media sosial mereka yang tujuan memang untuk mempermudah konsumen dalam penggunaan serta menyesuaikan selera dari perkembangan kebutuhan masyarakat. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna, Instagaram terkenal dengan kemampuannya menghasilkan tingkat keterlibatan (engagement) tertinggi di antara pengguna. Meski sempat menghapus beberapa fitur dan mengganti logonya, beberapa tahun belakangan ini, fitur-fitur dari Instagram mengalami beberapa pembaruan dan update yang membuat aplikasi media sosial ini semakin menarik untuk digunakan.

  1. Dasbor Profesional

Awal tahun 2021 kemarin, Instagram memperkenalkan tab baru Dasbor Profesional yang mempermudah pengguna dalam memdapatkan informasi yang diperlukan pengguna, seperti promosi, kinerja keseluruhan akun Instagram kita, wawasan Instagram, balasan tersimpan, belanja dan persetujuan konten.

 

  1. Stiker IG Story

Story Instagram merupakan salah satu fitur unggulan Instagram yang cukup sering digunakan oleh netijen. Beberapa bulan terakhir, Instagram telah banyak memasukkan banyak sticker baru dibagian cerita atau IG story. Sticker ini bertujuan untuk memberikan pengalaman baru untuk para pengguna Instagram.

  1. Facebook Shop

Instagram yang sekarang menjadi bagian dari Facebook juga mengubah seluruh dunia e-commerce dengan meluncurkan Facebook Shop yang dapat diakses melalui Instagram dan Facebook. Hal ini mempermudah pembisnis yang ingin mengembangkan katalog bisnis mereka menggunakan layanan yang sudah disediakan secara digital dan menjangkau pasar lebih luas.

  1. Mengunggah di Banyak Akun

Beberapa orang pasti tidak hanya memiliki satu akun Instagram saja. Ada yang memiliki akun pribadi tapi juga mengelola akun bisnis atau mungkin akun komunitas. Hal ini yang kemudian membuat Instagram berinovasi membuat multi post. Fitur ini mempermudah pengguna mengunggah konten di akun kedua dan di media sosial lainnya.

  1. IGTV Preview

Salah satu fitur yang juga sangat popupler dari Instagram adalah video IGTV. Namun kekurangan dari IGTV yakni hanya mampu memutar video dengan durasi 60 detik. Tujuan IGTV ini untuk menarik follower dan bagi pembisnis fitur ini bisa membantu mengiklankan produk mereka.

  1. Reels

Reels merupakan fitur yang baru saja dirilis oleh Instagram. Sejumlah pengguna Instagram di Indonesia bahkan sudah tampak bisa menggunakannya dan mengunggah beberapa konten dengan fitur ini. Untuk memperoleh fitur Reels, pengguna hanya perlu mengupdate aplikasi Instagram yang ada di smartphonenya lewat Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS.

Apa itu Instagram Reels?

Instagram Reels yang disebut-sebut mirip dengan aplikasi media sosial TikTok ini mulai diperkenalkan oleh Instagram pada 5 Agustus 2020 dan mulai dirilis secara bertahap dibeberapa negara termasuk di Indonesia. Fitur Reels bisa memberika pengalaman baru bagi pengguna dengan mengunggah video dengan durasi hingga 15 detik dan menambahkan music yang sedang populer, berbagai filter, dan efek yang menarik. Tujuannya sama dengan video IGTV yakni menambah follower untuk akun kita.

Instagram memberikan tempat tersendiri untuk Reels di aplikasi Instagram yang bisa digunakan untuk membangun pengikut. Dengan car aini, pengikut bisa melihat unggahan Reels kita dengan lebih leluasa. Selain itu, kita juga bisa melakukan setting publik atau pribadi untuk konten Reels kita.

Perbedaan terbesar dengan TikTok, Reels memiliki ekosistem yang hanya merupakan pengguna Instagram. Pengguna juga bisa menggunakan filter dan alat AR khusus yang hanya ada di Instagram. Akan tetapi, untuk saat ini Instagram belum akan membayar pembuat konten yang videonya populer seperti yang ditawarkan oleh TikTok. Kemudian, postingan Reels akan hilang setelah 24 jam dan siapa saja bisa memberikan like dan komentar dengan menekan ikon yang akan di sebelah kanan setiap video.

Bangsa yang Penuh Curiga terhadap Bangsanya Sendiri

Previous article

MUI: Timbun Bahan Pokok dan Oksigen Haram

Next article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *