NasionalNewsViral

Lebih Dekat Dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme

Halo Sobat Damai, bagaimana hari mu? Selalu dalam keadaan sehat terus, ya. Dengan patuhi protokol kesehatan yaitu 5 M kamu telah membantu Indonesia agar lekas pulih dari covid-19. Tidak lupa pula perkuat imun kalian dengan vaksinasi.

Disini, penulis ingin Sobat Damai semua menjadi lebih dekat dengan BNPT, nih. Sesuai kata pepatah, “Tak kenal, maka tak sayang” setelah kenal dengan BNPT kita akan selalu berusaha bersama dan bersungguh-sungguh dalam penanggulangan terorisme dan isu-isu hoax serta radikal, agar selalu terjaga kedamaian dan keamanan Indonesia.

Sobat Damai harus tahu, apa itu BNPT

Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 46 tahun 2010 BNPT dibentuk dan BNPT merupakan salah satu lembaga pemerintah non kementerian yang memiliki fungsi dan tugas di bidang penanggulangan terorisme. BNPT dibantu dengan beberapa lembaga dibidang politik, hukum, dan keamanan untuk mengkoordinasikan tugas-tugasnya. Selain itu, BNPT dibawah naungan tanggung jawab presiden RI.

Sesuai dengan PP nomor 45 tahun 2019 maka BNPT Memiliki visi yaitu “Mewujudkan penanggulangan terorisme dan radikalisme melalui upaya sinergi institusi pemerintah dan masyarakat meliputi pencegahan, perlindungan, penindakan dan deradikalisasi serta meningkatkan kewaspadaan nasional dan kerjasama internasional untuk menjamin terpeliharanya keamanan nasional.”

Bagaimana gerakan BNPT di dunia maya?

Ketika banyak narasi yang mengarah pada radikalisme dan intoleransi di media sosial ini, BNPT tidak tinggal diam dalam menyikapi masalah yang serius itu. BNPT kemudian melakukan berbagai cara untuk membanjiri media sosial dengan konten positif. Sehingga konten negatif semakin sedikit. Beberapa yang dilakukan seperti membuat banyak website serta banyak akun media sosial untuk menyebarluaskan narasi damai serta meng-counter narasi-narasi radikalisme dan intoleransi yang sudah beredar di tengah masyarakat.

Tidak hanya sampai disitu saja. BNPT juga sudah menaungi Duta Damai Dunia Maya yang tersebar di 13 Provinsi di Indonesia, yakni; DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat. Sehingga Jumlah Milenial yang menjadi Duta Damai Dunia Maya adalah 612 orang yang tersebar di 13 provinsi tersebut.

Tugas Duta Damai Dunia Maya sendiri memang menitik beratkan untuk mengkounter ataupun sebagai media damai yang bergerak pada dunia maya. Tetapi, hal itu tidak menutup kemungkin bahwa Duta Damai Dunia Maya juga melakukan upaya-upaya deradikalisasi secara langsung ditengah masyarakat terutama para generasi milenial.

BNPT bersama beberapa lembaga pemerintah dalam penanggulangan terorisme

Sesai dengan UU nomor 5 tahun 2018 BNPT BNPT memiliki beberapa tugas bersama TNI dan beberapa lembaga lainnya sesuai dengan pasal 431.  Lembaga ataupun satuan tugas yang mempunyai konsen lebih terhadap isu terorisme tidak bisa dibanding-bandingkan. Karena setiap Lembaga ataupun satuan tugas memiliki tugas dan porsinya masing-masing. Lebih tepatnya, saling melengkapi satu sama lain sebagai upaya untuk meminimalisir hal-hal yang tidak di inginkan terjadi dapat lolos.

BNPT melakukan tugasnya yaitu salah satunya deradikalisasi di dalam maupun di luar lapas di seluruh Indonesia, dengan dibantu beberapa lembaga lainnya seperti lembaga hukum, keagamaan, TNI dan polri serta densus. Tindakan yang dilakukan oleh Denus 88 Polri sebagaimana SOP penindakan yang dilakukan dalam perkapolri nomor 172 Tahun 2014.

Pasal 43B kesiapsiagaan nasional yang dilakukan oleh BNPT dilakukan oleh kementerian/lembaga yang terkait di bawah koordinasi badan yang menyelenggarakan urusan di bidang penanggulangan terorisme. Kesiapsiagaan nasional dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat, peningkatan kemampuan aparatur negara, perlindungan dan peningkatan sarana prasarana, pengembangan kajian terorisme, serta pemetaan wilayah rawan paham radikal terorisme. Bersama BNPT kita bisa menjaga keamanan negara dari serangan teror dan penodaan terhadap agama maupun negara.

Yoga, Nazila, dan Fiskal

Menyadari Kebhinekaan Di dalam Keluarga sebagai Modal Merawat Harmonisasi Antar Warga Negara

Previous article

Sambut Era Digital, Duta Damai Jawa Tengah Ajak Pemuda Jadi Solusi Perdamaian

Next article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *