free page hit counter
MENGENAL SOSOK HABIB HUSEIN JA’FAR SALAH SATU GURU PEMUDA MILENIAL

 Habib Husein Ja’far menjadi salah satu sosok yang berpengaruh dalam membawa kedamaian dari beragam umat beragama di Indonesia. Beliau sering menyebarkan dakwah melalui channel youtubenya yang bernama “Jeda Nulis”. Selain menjadi content creator, habib yang biasa dikenal sebagai habib milenial ini juga berprofesi sebagai penulis dan pendakwah. Habib Jafar sendiri mulai dikenal oleh kalangan anak muda semenjak tampil di chanel youtube “Pemuda Tersesat” yang menjadi pendakwah melalui acara kultum pemuda tersesat bersama dua komedian yaitu Coki Pardede dan Tretan Muslim.

Sosok Jabib Ja’far digandrungi oleh pemuda milenial karena dakwahnya yang dianggap kekinian dan ilmu yang disampaikan sangat mudah untuk diterima. Dengan pembawaannya yang kalem dan menghibur menjadi ciri khas dakwahnya. Tidak hanya itu, Habib Jafar saat berdakwah kerap mengenakan pakaian yang tidak seperti pendakwah lain. Biasanya seorang habib selalu menggunakan baju koko, sarung, dan peci/kopiah kupluk. Sedangkan Habib Ja’far justru sering terlihat  hanya mengenakan kaos biasa bila kontennya tidak begitu formal, celana panjang, dan tidak selalu menggunakan peci saat membuat konten youtube.

Pada chanel youtube milik pribadinya maupun milik orang lain, seringkali habib Jafar berdiskusi bersama pemuka agama lain. Topik obrolan yang termuat di  kontennya berupa ajaran agama masing-masing, sisi kebaikan ataupun silsilah dari agama lain, dan dibumbui jokes atau candaan yang terkesan bentuk saling menerima perbedaan. Setiap hari di bulan Ramadhan, Habib Ja’far kerap membuat konten karena dianggap momen yang pas bagi umat muslim untuk menonton dakwah di saat ngabuburit/menunggu waktu berbuka puasa.

Sosok seperti habib Husein Ja’far sangat diperlukan oleh para generasi-Z. Seringkali beliau menjawab pertanyaan-pertanyaan anak muda yang kebingungan untuk mencari jalan keluar, walaupun biasanya pertanyaan yang diajukan tidak masuk akal. Dengan bekal ilmu yang dimiliki, Habib Ja’far senantiasa menjawab pertanyaan yang bisa dianggap diluar nalar. Sebab, menurut beliau bisa jadi benar jika persoalan tersebut hanya bisa ditanyakan kepada dirinya. Maka dari itu, Habib Husein Ja’far patut untuk dijadikan panutan atau guru bagi pemuda milenial.

Sumber : https://bandung.viva.co.id/berita-artis/14149-profil-habib-jafar-dai-penulis-dan-konten-kreator-yang-dekat-dengan-milenial

 

Penulis : Satrio Dewangga (@satriodewangga__ )

Desain : Nabilul Mas’ud (@___nblll)

Leave a Reply

Your email address will not be published.