free page hit counter
Lebih Dekat Dengan Warung NKRI

Hallo Gen Sae, kalian tahu gak sih mengenai Warung NKRI? Warung NKRI sendiri merupakan akronim dari Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (WARUNG) NKRI. Warung ini diinisiasi oleh BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) Republik Indonesia.

Tujuan dari dibentuknya Warung NKRI sendiri adalah diharapkan dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi siapapun tanpa embel-embel apapun. Siapapun yang berada disana malah didorong untuk berdiskusi dan bersrawung tanpa memandang latar belakang yang ada. Dengan begitu, hal tersebut juga sejalan dengan salah satu fungsi dari BNPT sebagai lembaga negara yang salah satunya fokus untuk pencegahan kepada masyarakat agar terhindar dari radikalisme, ekstrimisme dan terorisme.

Dengan adanya warung NKRI yang merupakan salah satu trobosan dari BNPT tersebut, diharapkan juga dapat membuat masyarakat khususnya Mitra Deradikalisasi (Eks Napiter) dapat memiliki usaha dan dapat mengembangkan usahanya sendiri. Mengingat, Mitra Deradikalisasi terkadang masih memiliki kesulitan untuk membuka usaha. Hal tersebut menjadikan BNPT merasa terpanggil untuk perlu juga mengedukasi masyarakat secara umum mengenai mitra deradikalisasi agar dapat diterima di masyarakat.

Perlu diketahui bersama juga, bahwasannya Warung NKRI ini bukan merupakan Warung milik BNPT. Warung tersebut murni milik perorongan ataupun kelompok masyarakat. Pemilik warung tersebut tentunya memiliki komitmen yang sama dengan BNPT, sehingga dapat sejalan dan dapat berkolaborasi untuk bersama-sama mengadakan tindakan pencegahan ditengah-tengah masyarakat.

Di Provinsi Jawa Tengah sendiri, Warung NKRI per-hari ini sudah terdapat di 4 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Kabupaten/Kota tersebut ialah Kabupaten Magelang, Kota Solo, Kabupaten Temanggung, dan Kota Semarang. Hal ini juga masih dimungkinkan untuk ditambah lagi Warung NKRI di Provinsi Jawa Tengah loh.

Nah, Gen Sae sekarang sudah makin tahu kan, mengenai peran dan tujuan dari dibentuknya Warung NKRI. Yuk, sekarang tugas kita untuk sama-sama mendukung dan meramaikan agar program ini bisa sukses dan terus lestari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.