free page hit counter
Petis Bunbom Hidangan Musiman Khas Semarang
  1. Apa sih Petis Bunbom itu?

Petis Bunbom adalah salah satu deretan makanan khas asli semarang, yang wajib banget kalian cobain waktu main ke semarang,namun makanan ini jarang banget kalian temuin karena makanan ini hanya bisa ditemui saat memasuki bulan Ramadhan.Biasanya makanan ini dapat di jumpai di Alon-Alon Masjid Kauman Semarang.

Sajian petis bunbom hampir sama dan memang agak mirip dengan sambal goreng,perbedaannya terletak pada warna petis bunbom yang agak kecoklatan dibandingkan sambal goreng yang warnanya merah.

Namun, kuliner ini memiliki rasa yang lebih autentik dibandingkan dengan sambal goreng seperti tingkat pedas dan rasa gurihnya. Dalam pembuatan Petis Bunbom pun bisa tidak diberi garam karena diyakini dalam Petis yang digunakan yaitu Petis ikan Banyar didalamnya sudah memiliki rasa asin. Selain itu kunci kenikmatan petis bunbom yaitu menggunakan telur bebek.

Petis bunbom sangat nikmat jika menggunakan lontong sebagai pendampingnya,namun menggunakan nasi juga tidak kalah nikmat. Biasanya dijual dengan harga 10.000/butirnya,sedangkan jika menambah lontong/nasi menjadi 15.000/porsi.

  1. Makanan ini memiliki bahan-bahan dan cara pembuatan seperti:

(dikutip dari cookpad)

Bahan-bahan :

  1. 12 butir telur rebus
  2. 4 buah serai yang sudah diiris halus
  3. 1 sdm petis ikan banyar
  4. 500 ml air
  5. 20 gr gula merah
  6. 1/2 sdt garam
  7. 3 lbr daun salam
  8. 3 lbr daun jeruk

Bumbu halus :

  1. 8 buah cabai merah kerinting
  2. 5 buah cabai rawit
  3. 6 buah bawang merah
  4. 5 buah bawang putih
  5. 2 batang temu kunci

Cara pembuatan :

  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, dan irisan sereh hingga harum, tambahkan air lalu gula merah, petis ikan banyar, dan santan instant. Biarkan kuahnya mendidih.
  3. Masukkan telur rebus dan garam,masak dengan api kompor kecil hingga bumbu meresap kedalam telur dan kuahnya mulai mengental,koreksi rasa dan angkat,sajikan.

Sangat mudah bukan untuk dimasak sendiri? Apalagi disajikan bersama keluarga besar saat acara. Dengan bumbu khas Petis Ikan Banyar dan aroma racikan bumbu yang akan menambah rasa masakan Petis Bunbom khas Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.