free page hit counter
YUK MENILIK LEBIH JAUH TENTANG PENTAKOSTA

Tau ga sih apa itu Pentakosta?? Pentakosta adalah peristiwa dicurahkannya roh kudus kepada para Rasul Di Yerusalem, yang terjadi 50 hari setelah kebangkitan Yesus Kristus, pada hari Pentakosta roh kudus dicurahkan sesuai dengan yang dijanjikan Yesus sesudah kenaikannya ke surga.

Namun ada yang mengatakan Pentakosta adalah festival saat orang kristen di seluruh dunia merayakan perayaan hari minggu 50 hari setelah paskah dan setelah kebangkitan Yesus.

Pentakosta sendiri berasal dari bahasa Yunani pentekoste yang berarti kelima puluh oiya pentakosta teryata adalah hari lahir gereja kristen. Menandai awal misi gereja menyebarkan injil ke seluruh dunia.

Melansir dari christianity mengatakan bahwa Pentakosta adalah perayaan minggu awal panen. Di Palestina ada 2 kali panen setiap tahun. Panen pertama selama bulan mei dan juni. Perayaan tersebut bertujuan sebagai ucapan syukur atas buah sulung dari panen gandum, namun dikaitkan dengan peringatan hukum yang diberikan Allah kepada Musa di gunung Sinai.

Menurut perjanjian lama, hari perayaan buah sulung lalu menghitung 50 hari, hari kelima puluh itulah yang menjadi hari raya Pentakosta. Karena 50 hari sama dengan 7 mnggu oleh karena itu, mereka menyebutnya hari Raya Panen atau hari Raya Berminggu-minggu.

Kisah di balik perayaan pentakosta:

Pada hari minggu Pentakosta, Roh kudus memenuhi gereja dengan kuasa. Lalu menambah umat yang percaya. Setelah Yesus naik ke surga , para pengikut berkumpul untuk hari Raya Panen. Bahkan Petrus berdiri untuk berbicara kepada mereka tentang pertobatan dan injil Kristus demikianlah khotbah Petrus

Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: “Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini. Orang-orang ini tidak mabuk seperti yang kamu sangka, karena hari baru pukul sembilan pagi, tetapi itulah yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi Yoël:[10]

“Akan terjadi pada hari-hari terakhir–demikianlah firman Allah–bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi. Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat. Dan Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di atas, di langit dan tanda-tanda di bawah, di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari Tuhan, hari yang besar dan mulia itu. Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.

Roh kudus dinubuatkan dalam perjanjian lama dan dijanjikan oleh Yesus. Yesus menjanjikan roh kudus dalam Yohanes bab 14 ayat 26 berbunyi : Yohanes 14:26 (TB) tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Perjanjian baru juga penting karena menanggapi nubuat perjanjian lama,

Yoel ayat 28-29 berbunyi: Yoel 2:28 (TB) “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.

Banyak sekali kisah dibalik pentakosta yang sekarang baru kita ketahui, pentakosta ini lah yang membuktikan bahwa keagungan Yesus Kristus sebagai Allah dan Juruselamat manusia terutama bagi kami umat Kristiani.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.