free page hit counter
TIPS METODE MEMBACA,YANG WAJIB KAMU TAHU

Siapa yang belum tahu pentingnya membaca? Pemerintah sedang gencar menyuarakan gerakan literasi, terutama di sekolah baik sd, smp dan sma yang dinamakan GLS yaitu gerakan literasi sekolah, gerakan literasi pun banyak lohh, nih aku kenalin ada 6 literasi dasar yaitu, literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, bahkan literasi budaya dan kewargaan. Gerakan literasi ini pun merupakan inovatif Kementrian dan Kebudayaan Indonesia demi menciptakan generasi yang literat.

Ada 3 metode membaca yang perlu kalian ketahui :

  1. Membaca intensif adalah kegiatan membaca untuk memahami sekaligus menggali informasi dengan detail dan menyeluruh. Hal ini bertujuan untuk memahami konteks serta esensi dalam suatu bacaan.Kegiatan membaca intensif terfokus kepada kualitas membaca yang berkaitan dengan pemahaman pembaca tentang isi bacaan. Kegiatan ini dapat membantu menumbuhkan sekaligus mengasah kemampuan membaca dan berpikir kritis.

Selain itu, menurut Macalister dalam modul Membaca Intensif dan Membaca Ekstensif dalam Pembelajaran, membaca intensif juga bermanfat untuk mengembangkan keterampilan membaca seperti membaca sekilas dan mengidentifikasi ide utama dari bacaan.

  1. membaca ekstensif merupakan kegiatan membaca sebanyak-banyaknya sehingga lebih menekankan kuantitas atau jumlah bacaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan kesenangan dari apa yang dibaca tanpa disertai tagihan jumlah bacaan.

Menurut Jeffries (2007) dalam jurnal online Universitas Negeri Jakarta, membaca ekstensif merupakan kegiatan yang menyenangkan karena bisa membangun kompetensi membaca, mengembangkan kosa kata, dan mengonstruksi tata bahasa secara kompleks.

  1. Membaca skimming adalah Menurut Farida Rahim dalam buku Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar (2008), skimming adalah teknik membaca dengan cepat untuk mengetahui isi umum atau bagian suatu bacaan. Artinya skimming merupakan membaca keseluruhan bacaan secara cepat untuk mendapatkan gambaran umum keseluruhan isi bacaan.Menurut Soedarso dalam buku Sistem Membaca Cepat dan Efektif (1991), skimming berarti mencari hal-hal penting dari bacaan itu, yakni ide pokok dan detail penting dalam hal ini tidak selalu di permukaan tetapi terkadang di tengah atau di dasar.

Selain ini menurut UNESCO waktu membaca yang ideal adalah 6-8 jam lohh, yuk kita mulai GELI gerakan literasi demi mendukung dan menciptakan generasi berwawasan, berintelektual, dan juga generasi harapan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.