free page hit counter
7 BUDAYA INDONESIA PALING EKSTREM

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali kebudayaan lebih dari 11.622 warisan budaya dari berbagai suku apalagi Indonesia memiliki lebih dari 1300 an suku yang ada. Yuk sekarang kita cari tau tentang 7 budaya Indonesia yang paling ekstrem.

  1. Tradisi Carok dari Madura

Kata Carok mempunyai arti pembunuhan sebagai upaya balas dendam terhadap seseorang dan sekelompok. Namun, Carok memiliki makna yang berbeda di mata masyarakat madura karena hal ini merupakan pemulihan harga diri. Tradisi Carok sendiri merupakan tradisi indonesia yang mana seseorang akan bertarung dengan menggunakan senjata celurit untuk menyelesaikan masalah. Biasanya permasalahan yang sering ditarungkan adalah harta, tahta, hingga soal wanita.

  1. Tradisi Ngayau dari Suku Dayak,Kalimantan.

Suku Dayak memang dikenal dengan kemampuannya yang magis. Tak heran, jika suku yang berada di pulau Kalimantan ini mempunyai tradisi daerah yang ekstrem, yaitu Ngayau. Ngayau merupakan tradisi berburu kepala musuh yang dilakukan oleh Suku Dayak. Perlu diingat, tradisi ini dilakukan hanya oleh anggota suku yang merasa dirinya sangat terancam.

Tradisi Indonesia ini sempat menghebohkan pada tahun 2001 yang mana para anggota Suku Dayak memburu para pendatang baru dari Madura karena mereka dianggap merampas sumber daya ekonomi di sana. Tragedi menyedihkan ini menghabiskan ratusan nyawa.

  1. Tradisi Ma’Nene dari Sulawesi Selatan.

Tradisi Ma’ Nene merupakan kegiatan membersihkan jasad para leluhur yang sudah meninggal 100-an tahun sebelumnya. Meskipun sudah jarang masyarakat yang melakukan tradisi daerah ini, beberapa desa seperti Desa Pangala dan Desa Baruppu masih melaksanakan tradisi ini secara rutin.

Tradisi Indonesia ini dimulai dengan anggota keluarga yang datang ke Patane atau kuburan keluarga yang bentuknya seperti rumah dengan tujuan mengambil jasad dari anggota keluarga mereka yang telah meninggal. Setelah itu, setelah jasad tersebut dikeluarkan dari kuburan, jasad itu akan dibersihkan dan dikenakan pakaian yang baru.

  1. Tradisi Suku Naulu dari Maluku.

Suku Naulu merupakan suku yang tinggal di Pulau Seram. Masyarakat yang pulau ini memiliki tradisi daerah yang mengerikan karena mereka berburu kepala manusia untuk persembahan kepada nenek moyang.

Suku ini percaya bahwa tradisi daerah ini wajib untuk dilakukan supaya dapat terhindar dari malapetaka di samping sebagai suatu kebanggaan dan simbol kekuasaan. Biasanya, kepala manusia ini dijadikan mas kawin ketika salah satu anggota mereka menikah.

  1. Tradisi Nasu Palek dari Papua.

Apakah kamu pernah membayangkan jika daun telingamu dipotong? Di Papua, terdapat sebuah tradisi daerah yang mana beberapa anggota suku Dani memotong daun telinga mereka sebagai ungkapan belasungkawa. Perlu ingat, tidak semua anggota suku Dani melakukan tradisi ini.

Obat-obat tradisional diberikan untuk menyembuhkan luka akibat tradisi ini. Tradisi ini masih dapat ditemukan hingga saat ini walaupun tidak sebanyak zaman dahulu.

  1. Tradisi Debus dari Banten.

Selanjutnya ada tradisi debus yang kerap dijumpai di daerah Banten. Tradisi Indonesia ini tergolong ekstrem karena menggunakan benda tajam seperti golok atau pisau. Golok atau pisau tersebut digesekan atau ditusukan ke tubuh manusia, namun tanpa terluka.

Kesenian ini sudah ada sejak tahun 1532 atau tepatnya pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanudin dari Banten. Kesenian ini tetap terjaga, hingga pada zaman Sultan Ageng Tirtayasa (1651-1692) debus digunakan sebagai alat pemompa semangat masyarakat Banten melawan penjajah.

  1. Tradisi Iki Palek dari Wamena.

Hampir sama dengan tradisi Nasu Palek, tradisi Iki Palek di Wamena juga dilakukan oleh Suku Dani. Tradisi Iki Palek merupakan tradisi potong jari sebagai ungkapan kesedihan yang mendalam apabila ada salah satu anggota keluarga yang meninggal dunia.

Tradisi Iki Palek biasanya dilakukan menggunakan kapak atau pisau. Namun, bagi perempuan, memotong jari bisa juga dilakukan dengan cara menggigitnya hingga putus. Jika sudah putus, jari akan dililit benang sampai darahnya berhenti.

Nah itu lah 7 dari banyaknya kebudayaan paling ekstream, ada yang tau lagi gak?? Budaya apa yang ekstream di Indonesia? Boleh banget loh ditambahi.

Tulisan: @24lolitachelsea

Desainer : Shafira Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published.