free page hit counter
Mengenal Organisasi Inti Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Tahu gak sih apa itu MLKI ?

Atau ada yang belum pernah denger apa itu MLKI ?

Sini-sini aku kasih tau biar kenal, tak kenal maka kenalan dulu ya kan.

MLKI itu singkatan dari kata Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan YME Indonesia, dari sini ada yang sudah mulai ngerti ? Oke aku jelasin lagi ya, jadi MLKI merupakan wadah nasional bagi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Komunitas Kepercayaan Adat.

MLKI disahkan oleh Direktorat Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME pada tanggal 13 Oktober 2014 pada saat Sarasehan Nasional Kepercayaan Terhadap Tuhan YME di Keraton Ngayogjakarta.

Buat yang belum tahu, Penghayat Kepercayaan merupakan seorang individu atau kelompok yang menganut atau memegang teguh pada ajaran kepercayaan leluhur bangsa Indonesia. Kamu pasti pernah denger tentang kejawen, kaharingan atau sunda wiwitan. Mereka bisa disebut sebagai penghayat kepercayaan karena memegang teguh ajaran leluhur dan adat istiadat. Penghayat kepercayaan di Indonesia itu banyak sekali, bahkan pada data Kesbangpol Jawa Tengah saja tercatat lebih dari 50 organisasi.

MLKI memiliki tugas untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat Penghayat Kepercayaan, ikut melestarikan nilai-nilai luhur spiritual bangsa serta ikut membentuk dan membangun karakter manusia Indonesia seutuhnya dalam bidang mental spiritual. Selain itu MLKI juga membantu menjembatani berbagai masalah yang kerap terjadi kepada para Penghayat Kepercayaan, sebagaimana awal dibentuk yaitu sebagai wadah nasional bagi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME. Jadi bisa dibilang MLKI itu kalau dalam keluarga disebut bapak, jadi tempat curhat dan membantu kelancaran kita dalam berbagai bidang.

Ada juga ibunya loh guys, siapa coba, ada yang tahu ? Ibunya yaitu Puanhayati, Puanhayati itu singkatan dari Perempuan Penghayat Kepercayaan Indonesia. Puanhayati ini dibentuk sebagai wadah khusus perempuan penghayat kepercayaan, banyak banget kegiatan yang sering dilakukan Puanhayati untuk mengembangkan kemampuan ibu-ibu atau perempuan penghayat kepercayaan. Layaknya seorang ibu, yang membantu kita untuk tumbuh kembang sebagai anak yang imut, lucu dan cerdas. Hehe bercanda dikit boleh lah ya.

Ada satu lagi guys yang kalian perlu tahu, yaitu anaknya. Apa ? anak ? udah kaya keluarga cemara ya guys ya. Kenali nih anaknya, biasa disebut Gemapakti atau Generasi Muda Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME Indonesia. Gemapakti merupakan wadah anak mudanya nih guys, jadi enggak cuma ibu-ibu atau perempuan aja yang punya wadah tapi generasi mudanya juga ada.

Dengan adanya wadah yang berperan sebagai bapak, ibu dan anak tadi diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan sebagai warga negara khususnya bagi yang menganut ajaran leluhur atau Kepercayaan Terhadap Tuhan YME.

Mungkin segitu dulu ya guys, kalau kalian pengen tahu banyak tentang pengahayat kepercayaan atau kalian pengen tahu apa nih tentang penghayat kepercayaan ?

Terima kasih sudah mau mengenal keluarga cemara yang bahagia ini

 

Bapaknya

Ibunya

Anaknya

 

Sumber :

www.mlki.or.id

 

Penulis : @‌pipitfit_

Desain : @‌___nblll

Leave a Reply

Your email address will not be published.