free page hit counter
WAJAH BARU GENERASI MUDA SEBAGAI PIONIR UTAMA DALAM MERAWAT KEBHINEKAAN DAN PERDAMAIAN

Indonesia sebagai negara yang terkenal dengan bermacam- macam perbedaan, dimulai dari Kepercayaan, Agama, Suku, Bahasa dan lain sebagainya. Hal utama yang harus dilakukan ialah menghargai perbedaan, tetapi tentu saja itu bukan hal yang mudah. Peran yang utama bisa dilakukan oleh generasi muda sebagai generasi penerus bangsa dan bisa menjadi pionir utama dalam merawat kebhinekaan dan perdamaian.

Merujuk pada salah satu quotes yang dipaparkan oleh soekrano yang berbunyi ” “Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 Pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia. Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia”. itu merupakan kata kata yang dilontarkan oleh Ir Soekarno. generasi yang akan meneruskan segala bentuk kepemimpinan dari negara, harus senantiasa ambil andil dalam bagian ini. banyak sekali cara yang bisa dilakukan dalam mengambil bagian dari hal ini. Generasi milenial menjadi kunci utama dalam mewujudkan kebhinekaan dan perdamaian di indonesia ini.

Banyak cara yang bisa dilakukan Generasi Muda dalam mengambil bagian dari merawat Kebhinekan dan Perdamaian. Yang utama ialah dengan literasi Media, nah bagaimana kita bisa mengambil bagian dari ini? Mungkin kita bisa membagikan narasi perdamaian dan persatuan melewati sosial media, membanjiri sosial media dengan konten konten yang bermanfaat dan bisa mengolah media dengan sebaik- baiknya. Karena teknologi yang berkembang pesat dan sudah menjadi kebutuhan primer setiap orang, maka upaya inilah yang bisa dilaksanakan dan disebarluaskan kepada seluruh pihak agar para penikmat sosial media bukan hanya mencari kesenangan semata namun juga teredukasi.

Generasi muda juga harus memanfaatkan seluruh kesempatan yang diberikan, contohnya bisa membagikan seluruh kebudayaan yang ada didaerah setempat dengan memanfaatkan sosial media. Karena dari sosial media inilah para masyarakat dapat mendapat sebuah informasi yang bisa ditarik garis untuk menjadi sebuah ajang merekatkan tali persaudaraan. Menggunakan sosial media dengan bijak dengan berbagai cara, yaitu tidak menyebarkan berita ujaran kebencian terhadap suatu kelompok, tidak memposting berita Hoax, dan tak lupa tidak boleh menyudutkan dan menyalahkan satu kelompok, karena kita harus hidup dengan damai dan punya rasa toleransi untuk merawat semboyan negara Indonesia.

Bangsa ini akan terus tumbuh kuat dan besar dengan hadirnya wajah-wajah muda yang cerdas dan berwawasan kebangsaan yang kuat serta sangat peduli terhadap lingkungan, masyarakat, bangsa dan negara sebagai bukti cinta tanah airnya. Keberadaan generasi muda masa kini dan mendatang akan menjadi pionir untuk mengungkapkan bahwa semua perbedaan tersebut merupakan wujud cinta damai yang indah sebagai kodrat masyarakat Indonesia yang berkarakter.

BERANI BERDAMAI SAATNYA BERAKSI, SALAM PANCASILA

 

Penulis : Kusuma Widya Ningrum
(@kusumaaaa.a)

Desainer : Retomika Ryan Hidayatulloh
(@retomika)

Leave a Reply

Your email address will not be published.