free page hit counter
Macam-Macam Tradisi Unik Menyambut Lebaran Idul Fitri di Indonesia

Setelah  satu bulan penuh umat muslim melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadan, tibalah bulan yang paling dinanti-nantikan oleh seluruh kaum muslim yaitu merayakan kemenangan di bulan Syawal. Perayaan tersebut bertepatan dengan 1 Syawal yang dinamakan Hari Raya Idul Fitri.

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat muslim merayakannya dengan kembali “buka puasa” atau makan. Biasanya di hari yang suci ini, umat muslim saling mengunjungi satu sama lainnya untuk saling memaafkan. 

Namun sebelum tiba di hari yang mulia ini, terdapat beberapa tradisi-tradisi menarik menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Berikut macam-macam tradisi unik menyambut lebaran Idul fitri di berbagai daerah di Indonesia :

  1. Prepegan dari Brebes, Jawa Tengah

Prepegan merupakan tradisi masyarakat Brebes dalam menyambut lebaran Idul Fitri. Tradisi prepegan berasal dari kata prepek yang berarti dekat atau mendekati. Maksud dari kata itu ialah hari-hari mendekati lebaran. 

Prepegan memiliki istilah belanja kebutuhan sebelum menjelang lebaran dimana masyarakat berbondong-bondong belanja kebutuhan bahan pokok, pakaian, dan perlengkapan lainnya. Prepegan terdapat dua macam, yakni prepegan cilik (kecil) dan prepegan gede (gede). Prepegan cilik dilakukan saat menjelang H-2 sebelum lebaran, sedangkan prepegan gede sendiri dilakukan H-1 sebelum lebaran. 

  1. Upacara Grebeg Syawal dari Yogyakarta

Di Yogyakarta terdapat tradisi menarik menyambut lebaran idul fitri,  tradisi ini ialah Grebeg Syawal yang merupakan upacara adat Keraton Yogyakarta. Tradisi Grebeg Syawal dilaksanakan setiap tanggal 1 Syawal. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur Sultan atas hadirnya Hari Raya Idul Fitri setelah sebulan lamanya menunaikan ibadah puasa ramadan. Dalam tradisi ini, nantikan akan membawa gunungan untuk diarak dan dibagikan kepada masyarakat. Gunungan disebut sebagai sedekah sultan kepada rakyatnya.

  1. Meugang dari Aceh

Meugang (dibaca megang) merupakan tradisi memasak daging dan menikmatinya bersama keluarga, kerabat terdekat khas di Aceh. Tradisi ini merupakan tradisi menyembelih kurban berupa kambing atau sapi yang dilaksanakan setiap tahun menjelang hari lebaran idul fitri. Kegiatan ini dilakukan sebagai rasa syukur dari Sultan atas kemakmuran rakyatnya dan rasa terima kasih  kepada rakyatnya. 

  1. Ngejot dari Bali

Pulau Bali tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kekayaan ragam budaya dan tradisi. Salah satu tradisi di Bali bernama Ngejot yang berarti memberi. Dikalangan kaum muslim, tradisi Ngejot merupakan kegiatan menjalin silahturahim kepada sesama. Ngejot juga merupakan tradisi memberi makanan kepada tetangga di Bali. Nah tradisi ini sering dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. 

  1. Batobo dari Riau

Salah satu tradisi menarik menjelang Hari Raya Idul Fitri di Riau yakni Batobo. Tradisi Batobo merupakan kegiatan saat perantau kembali ke kampung asalnya dengan disuguhi sambutan secara khusus. Seperti layaknya pahlawan, para rombongan pemudik diarak menggunakan rebana melintasi persawahan dan menuju tempat untuk berbuka puasa bersama.

Itulah beberapa tradisi menarik menjelang lebaran di berbagai daerah Indonesia. Yuk komen, tradisi menarik menjelang lebaran di daerah mu.

Ditulis oleh : Moh. Jafar Umar

Leave a Reply

Your email address will not be published.