free page hit counter
DIBALIK SEJARAH WATU NGANTEN

A. Apa Sih Watu Nganten Itu??

Batu nganten atau sering kita kenal sebagai watu nganten,terletak di pertigaan Pucang Gading,Kecamatan Mranggen,Kabupaten Demak. Jalur ini pun dijadikan sebagai akses lebih cepat menuju kabupaten Semarang.

Watu nganten terletak di pinggir jalan sebelah kiri, persis dibelakang warung.

Batu nganten atau watu nganten dijadikan sebagai nama jalan dan juga icon jalan tersebut.

B. Mitos dibalik watu nganten

Mitos dibalik batu nganten atau watu nganten ini yang sangat berkembang di masyarakat dari turun menurun, bagi siapapun yang berkunjung ke batu nganten atau watu nganten ini akan di mudahkan jodoh atau pasangannya, dan konon batu nganten atau watu nganten memunculkan anak yang tepat berada di depannya. Sekali lagi boleh percaya atau tidak karena ini hanyalah mitos yang berkembang di masyarakat.

Konon katanya menurut warga sekitar dahulu kala ada sepasang anak muda yang menjalin hubungan dan hendak menikah namun terhalang restu orangtua, namun pasangan tersebut tetap nekad menikah sampai akhirnya pasangan sejoli tersebut dikutuk oleh orangtuanya.

Namun ada versi lain yang mengatakan bahwa batu sebelah kiri adalah suami sedangkan batu sebelah kanan adalah istri. Dimana awal mulanya seorang suami tersebut buang air besar sembarangan di tempat yang konon terkenal angker tanpa ijin, sampai sang penunggu pun marah dan mengutuk pasangan tersebut menjadi batu.

C. Kordinat lokasi Batu nganten atau watu nganten

Batu nganten atau watu nganten memiliki kordinat lokasi secara Geo posisi bumi berada di 7°02’54.1 “S 110°29’38.5″E.

D. Batu nganten atau watu nganten ini pun masuk dalam situs cagar budaya yang wajib dilestarikan dan dijaga keberadaannya.

Jadi kalian bebas mau percaya ataupun tidak karena ini hanya sekedar mitos belaka, yang berkembang dari mulut ke mulut dan turun temurun dari masyarakat sekitar,yang harus kita tau adalah kita hanyalah boleh percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.