free page hit counter
TRADISI KERIGAN MENYAMBUT HARI RAYA IDUL ADHA

Kerigan merupakan tradisi gotong royong yang diikuti masyarakat desa dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Tradisi ini sudah ada dari dulu dan menjadi warisan nenek moyang yang perlu untuk dilestarikan. Nilai yang terkandung dalam tradisi Kerigan berupa semangat kebersamaan, rasa memiliki, kepekaan terhadap lingkunan serta kemandirian.

Dukuh Penegar RT 4/RW 1, Desa Karangduwur, Kecamatan Petanahan, Kebumen, menjadi salah satu dukuh yang masih menjalankan tradisi Kerigan. Pada tanggal 25 juni 2023 pukul 06.30-09.00, warga Dukuh Penegar beramai-ramai ikut serta dalam kegiatan Kerigan. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh kalangan umur, dari anak-anak hingga orang tua. Kegiatan yang dilakukan oleh warga berupa pembersihan saluran air, mempercantik jalan kampung, membuat penutup sekitar sumur, dan diakhiri dengan makan bersama.

Warga Dukuh Penegar sangat antusias atas digelarnya tradisi Kerigan dalam rangka menyambut hari raya idul adha. Diharapkan tradisi Kerigan ini masih tetap lestari hingga ke generasi selanjutnya dan seterusnya.

 

Penulis : Satrio Dewangga (@satriodewangga__ )

Desain : Panggah Bowo Leksono (@panggah_bowo )

Leave a Reply

Your email address will not be published.