NASIONALISME MASA KINI

Bulan Agustus merupakan bulan yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 1945 telah terjadi peristiwa besar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Memaknai kemerdekaan tidak hanya dengan menyelenggarakan upacara saja, tetapi dengan mengenang jasa para pahlawan juga. Banyak sekali pengorbanan pahlawan menorehkan jejak penting dalam peristiwa kemerdekaan dan pembentukan negara Indonesia seperti rela mengorbankan diri dan mengabdi sepenuhnya untuk kepentingan bangsa. Kemerdekaan Indonesia menjadi hal yang sangat penting karena mewakili simbol identitas nasional dan kedaulatan suatu bangsa, demi mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat. Kemerdekaan harus dijaga dan diperjuangkan, salah satu cara yang bisa digunakan adalah meningkatkan kesadaran Nasionalisme dan Patriotisme bangsa. Namun, perlu disadari mencintai bangsa Indonesia berarti mencintai setiap keberagaman yang ada di dalamnya baik dari segi budaya, etnis, agama, bahasa, dan geografi.

Nasionalisme yang kuat harus dilandasi pada penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, toleransi, dan menghargai keberagaman yang ada. Nasionalisme masa kini berarti Nasionalisme yang dimiliki oleh generasi penerus bangsa, anak zaman now yang bergaya dan tren masa kini. Kemajuan bangsa terletak pada generasi mudanya, sehingga generasi masa kini harus menyadari pentingnya rasa cinta tanah air dan menjaga kemerdekaan. Berikut beberapa cara menyadari pentingnya menjaga kemerdekaan:

1. Pendidikan
Dengan pendidikan, generasi masa kini mampu mengembangkan pola pikir luas dan tidak asal-asalan. Belajar tentang nilai-nilai kemerdekaa, hak-hak warga negara, dan tanggung jawab terhadap negara.

2. Menghargai keragaman
Keberagaman yang ada di Indonesia merupakan suatu keniscayaan yang ada, sehingga menghormati dan menghargai keberagaman yang ada di Indonesia akan menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

3. Menghormati hak asasi manusia
Berarti menjaga martabat dan kebebasan setiap individu tanpa adanya diskriminasi, setiap individu bebas mengekspresikan diri. Hak Asasi Manusia adalah anugerah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada setiap individu, tidak ada yang boleh menciderai hak yang ada.

4. Berkolaborasi
Dengan kolaborasi akan menciptakan masyarakat yang kuat dan harmonis. Karena berangkat dari latar belakang yang berbeda membuat merayakan perbedaan dengan mempersembahkan hal baru satu sama lain.

5. Mengembangkan diri.
Tidak bermalas-malasan dan mau mengembangkan diri adalah salah satu cara menjaga kedaulatan negara, karena menyiapkan generasi penerus bangsa emas.

Menjaga kemerdekaan adalah upaya berkelanjutan yang menjaga kedamaian yang ada di negara Indonesia. Persatuan dan kesatuan yang ada akan membentuk harmoni mengantarkan kesejahteraan bago seluruh rakyat Indonesia. Dengan demikian masa depan bangsa terjamin dan kemajuan di depan mata.

 

Penulis : Sri Pujiati @sripujiati
Design @stnorhidayati

Leave a Reply

Your email address will not be published.